MAGHFIROH, ZUNI ASLAMI (2019) PEMANFAATAN MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA MILLENIAL (Studi Kasus di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga Tahun Ajaran 2018 / 2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (83kB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf

| Download (112kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

| Download (310kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

| Download (16kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (936kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

| Download (433kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (433kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (413kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (272kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan perkembangan tekhnologi di Era Millenial, media internet telah mengubah paradigma dalam mendapatkan informasi dan komunikasi. Salah satunya melalui dunia pendidikan, jaringan internet memenuhi kapasitas yang dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran
Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Pemanfaatan Media Internet sebagai sumber pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Millenial (Studi Kasus di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga). Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif terhadap media internet sebagai sumber pembelajaran melalui visiting internet. Hasil yang
diperoleh dalam penelitian ini adalah : pertama, melalui pemanfaatan internet peserta didik dan guru dapat belajar; mandiri, berkomunikasi, bertukar informasi dan berdiskusi secara berkelanjutan. Peserta didik dapat belajar di manapun dan kapanpun sehingga hasil yang didapatkan akan lebih baik. Peserta didik tentu tetap dalam pengawasan serta bimbingan dari guru agar dapat menemukan sumber belajar yang relevan dan sesuai dengan yang diharapkan. Guru dapat merancang sendiri atau berkolaborasi dengan para ahli untuk menarik minat belajar peserta didik. Dengan memanfaatkan internet, pola pikir peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan dapat dilakukan secara optimal, sehingga dampak positif dari adanya media internet akan lebih besar lagi pada kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di rumah. Maka harapannya,pemanfaatan media internet sebagai sumber
pembelajaran dapat membentuk pembelajaran yang efektif dan efisien.

Kata Kunci : Sumber Belajar,Pemanfaatan, Media Internet, Peserta Didik, Millenial

Dosen Pembimbing: Tjahjono, Ali Bowo and Makhshun, Toha | nidn0615075804, nidn0628028202
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:30
Last Modified: 30 Dec 2019 07:30
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14327

Actions (login required)

View Item View Item