SUYOTO, SENTOT (2018) ANALISIS OPTIMALISASI PENJADWALAN PROYEK DAN BIAYA DENGAN METODE LINE of BALANCE (LoB) PADA PROYEK JALAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (100kB)
[thumbnail of babI.pdf] Text
babI.pdf

| Download (96kB)
[thumbnail of babII.pdf] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (357kB)
[thumbnail of babIII.pdf] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (97kB)
[thumbnail of babIV.pdf] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (302kB)
[thumbnail of babV.pdf] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (77kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf] Text
daftar_pustaka.pdf

| Download (87kB)
[thumbnail of Daftarisi.pdf] Text
Daftarisi.pdf

| Download (90kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf

| Download (4MB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf

| Download (530kB)

Abstract

Biaya dan waktu/durasi merupakan dua hal yang sangat penting dalam kegiatan pekerjaan konstruksi sesuai mutu yang di tentukan. Untuk itu dalam rangka mengoptimalkan suatu kegiatan proyek konstruksi antara lain dengan cara mempercepat waktu/durasi pelaksanaan sehingga didapat penghematan biaya pelaksanaan yang seefesien mungkin, maka diperlukan suatu penjadwalan pelaksanaan yang sistimatis dan mudah dipahami.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif yang banyak menuntut penggunaan angka mulai dari pengumpulan data, analisis data, serta kesimpulan. Pengumpulan data didapat dari data primer dan data sekunder, Data primer yang di gunakan antara lain data jumlah tenaga dan alat kerja, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah jurnal penelitian, penjadwalan proyek/time schedule dan rencana anggaran biaya/RAB. Analisis data berdasarkan dari penjadwalan proyek/time schedule diuraikan ke dalam diagram network untuk menentukan percepatan waktu/durasi pelaksanaan dengan alternatif menambah tenaga kerja/kelompok kerja dan menggunakan metode Line of Balance /LoB, kemudian di hitung optimalisasi biaya yang di hasilkan.

Dari penggunaan penjadwalan Line of Balance/LoB dengan alternatif penambahan tenaga kerja/kelompok kerja selain perhitungannnya yang sangat sederhana dan mudah dipahami, dapat mempercepat waktu/durasi pelaksanaan sampai 13% atau 9 minggu serta penghemat biaya pelaksanaan sebesar 6% atau Rp 2.843.984.433,81.

Kata kunci : Optimalisasi, Line of Balance/LoB

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Nov 2019 07:02
Last Modified: 11 Nov 2019 07:02
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12792

Actions (login required)

View Item View Item