FATMAWATI, TIKA (2018) IMPLEMENTASI EVALUASI RANAH AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN AKHLAK DI MAN 2 BANGETAYU RAYA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (138kB)
[thumbnail of BabI.pdf]
Preview
Text
BabI.pdf

| Preview Download (217kB)
[thumbnail of BabII.pdf] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (330kB)
[thumbnail of BabIII.pdf] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (305kB)
[thumbnail of BabIV.pdf] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (198kB)
[thumbnail of BabV.pdf] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (126kB)
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (908kB)
[thumbnail of Daftar_pustaka.pdf] Text
Daftar_pustaka.pdf

| Download (133kB)
[thumbnail of Daftarisi.pdf]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

| Preview Download (113kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (6MB)
[thumbnail of Pernyataan_publikasi.pdf]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

| Preview Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini dapat di latar belakangi oleh suatu Pendidikan Agama Islam yangdapat memerlukandalam pembelajaran yang menarik supaya peserta didik mudah memahami isi materi pelajaran karena pembelajaran yang monoton akan membuat peserta didik menjadi jenuh dan bosan sehingga pelajaran yang kurang maksimal. Penerapan evaluasi ranah afektif pada pembelajaran akhlak, dapat merupakan cara afektif dapat digunakan karena memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran. Mereka dapat bekerja secara kelompok untuk memecahkan suatu permasalahan yang diberikan oleh guru dalam mengenai materi Pembelajaran Akhlak. Dalam proses pembelajaran akan terjadi interaksi antar peserta didik dengan peserta didik lainnya suatu peserta didik dan guru sehingga bisa terjalin hubungan sosial dengan baik. Sebab itu, peneliti dapat menggunakan evaluasi ranah afektif pada pembelajaran akhlak. Dalam suatu pembelajaran menggunakan evaluasi ranah afektifakan diharapkan dapat mengaktifkan siswa dengan menjadikan suatu kegiatan belajar dengan baik.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaiman perencanaan evaluasi ranah afektif pada pembelajaran akhlak di MAN 2 Bangetayu Raya. 2.)Bagaimana pelaksanaan evaluasi ranah afektif pada pembelajaran akhlak di MAN 2 Bangetayu Raya. 3.)Bagaimana evaluasi ranah afektif pada pendidikan akhlak di MAN 2 Bangetayu Raya.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan evaluasi ranah afektif pada pembelajaran akhlak di MAN 2 Bangetayu Raya. 2.)Untuk mengetahui pelaksanaan implementasi evaluasi ranah afektif pada pembelajaran akhlak di MAN 2 Bangetayu Raya. 3.)Untuk mengetahui evaluasi penilaian ranah afektif pada pembelajaran akhlak di MAN 2 Bagetayu Raya.
Dalam penelitian yang digunakan suatu penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode dapat digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Dalam menganalisis data, penulis dapat menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Suatu hasil penelitian yang penulis lakukan tentang implementasi evaluasi ranah afektif pada pembelajaran akhlak di MAN 2, dengan diperoleh hasil dari guru Akhlak di MAN 2 Bangetayu Raya Semarang dapat menggunakan evaluasi ranah afektif.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:58
Last Modified: 30 Apr 2019 01:58
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12526

Actions (login required)

View Item View Item