Sugimin, Sugimin (2018) EFEKTIVITAS METODE READING ALOUD DALAM PEMBELAJARAN AL- QUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUS SA’ADAH KARANG INGAS TLOGOSARI SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.
Preview |
Text
Abstrak.pdf |
Preview |
Text
BabI.pdf |
![]() |
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only |
Preview |
Text
Cover.pdf |
Preview |
Text
Daftar_pustaka.pdf |
Preview |
Text
Daftarisi.pdf |
Preview |
Text
Lampiran.pdf |
Preview |
Text
Pernyataan_publikasi.pdf |
Abstract
Skripsi ini membahas cara belajar melalui membaca keras atau nyaring pada pesertadidik di Mts. Darus Sa’adah Karangingas Tlogosari Semarang. Kajiannya dilaatarbelakangi karena al-Qur’an dan Hadis merupakan sumber hukum semua umat manusia, jadi mempelajarinya hukumnya fardu ‘ain bagi
semua umat muslim. Namun pada kenyataannya masih banyak didapati peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran al-Qur’an dan Hadis di sekolah, maka dari itu pentingnya diterapkan metode reading aloud dalam
pembalajaran al-Qur’an Hadis. Studi ini dimaksud untuk menjelaskan permasalahan (1) Bagaimana penerapan metode reading aloud di Mts. Darus Sa’adah Tlogosari, dan (2) Bagaimana efektivitas metode reading aloud dalam
pembelajaran al-Qur’an Hadis di Mts. Darus Sa’adah Karangingas Tlogosari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yakni kegiatan penelitian yang dilakukan di lingkungan sekolah tertentu dengan mendatangi langsung
obyek yang dituju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mereduksi data, penyajian data, verifikasi data.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode reading aloud terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode reading aloud sudah baik,
karena sesuai dengan langkah-langkah. Pelaksanaan metode reading aloud dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis di Mts. Darus Sa’adah sudah efektif, yang terdiri
dati tiga tahap yakni pendahuluan, inti, dan penutup, hal tersebut sudah sesuai. Evaluasi metode reading aloud dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis sudah berjalan dengan baik karena sudah sesuai dengan RPP. Penerapan metode reading
aloud pada pembelajaran al-Qur’an Hadis sangat efektif diterapkan di Mts. Darus Sa’adah Tlogosari, hal tersebut terlihat dari tingkat kefahaman siswa terhadap
materi yang disampainkan, dan peserta didik terlihat senang dan antusias pada pembelajaran al-Qur’an Hadis dengan diterapkannya metode reading aloud.
kata kunci: efektivitas, metode reading aloud, pembelajaran al-Qur’an Hadis.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 01:58 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 01:58 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |