Khawaji, Miftachul (2018) IMPLEMENTASI METODE HAFALAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (MAHFUDZOT) PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS DARUL AMANAH KENDAL. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (6kB)
[thumbnail of BabI.pdf]
Preview
Text
BabI.pdf

| Preview Download (153kB)
[thumbnail of BabII.pdf] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (260kB)
[thumbnail of BabIII.pdf] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (155kB)
[thumbnail of BabIV.pdf] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (62kB)
[thumbnail of BabV.pdf] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (49kB)
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (720kB)
[thumbnail of Daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

| Preview Download (13kB)
[thumbnail of Daftarisi.pdf]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

| Preview Download (99kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of Pernyataan_publikasi.pdf]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

| Preview Download (22kB)

Abstract

Metode hafalan seringkali dianggap sebagai metode kuno yang sudah tidak relevan dengan jaman. Namun ternyata, pendapat tersebut tidak selamanya benar,karena dalam beberapa konteks tertentu metode hafalan ini sangat cocok untuk diterapkan. Misalnya saja dalam pelajaran dengan materi-materi sejenis dalil,ayat, hadits, pembelajaran Bahasa Arab, dan lain sebagainya, metode hafalan ini lah yang paling pas untuk diterapkan, karena bagaimanapun juga demi pemahaman yang lebih mendalam untuk dapat memahami suatu dalil itu
seyogyanya dihafalkan terlebih dahulu. Hal tersebut juga dapat bermanfaat untuk memudahkan dalam proses menyampaikan apa yang telah dihafalkan. Maka dari itu, penelitian ini mencoba mengetahui bagaimana proses perencanaan,
pelaksanaan, serta evaluasi dalam penerapan metode hafalan pada pembelajaran Bahasa Arab (Mahfudzot) di MTs Darul Amanah Kendal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder yang semuanya berkaitan dengan implementasi metode hafalan pada pembelajaran Bahasa Arab
(Mahfudzot) di MTs Darul Amanah Kendal. Data akan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis terhadap data yang ada, penulis menyimpulkan bahwa
perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam penerapan metode hafalan pada pembelajaran Bahasa Arab (Mahfudzot) di MTs Darul Amanah Kendal secara keseluruhan berjalan dengan baik dan efektif. Hal ini dibutikan dengan data-data
yang didapatkan selama penelitian berlangsung yang sesuai dengan pedomanpedoman pelaksanaan suatu pembelajaran
pada umumnya.

Kata Kunci: Implementasi, Metode, Hafalan, Bahasa Arab, Mahfudzot.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:59
Last Modified: 30 Apr 2019 01:59
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12510

Actions (login required)

View Item View Item