Khawaji, Miftachul (2018) IMPLEMENTASI METODE HAFALAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (MAHFUDZOT) PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS DARUL AMANAH KENDAL. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.
Preview |
Text
Abstrak.pdf |
Preview |
Text
BabI.pdf |
![]() |
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only |
Preview |
Text
Cover.pdf |
Preview |
Text
Daftar_pustaka.pdf |
Preview |
Text
Daftarisi.pdf |
Preview |
Text
Lampiran.pdf |
Preview |
Text
Pernyataan_publikasi.pdf |
Abstract
Metode hafalan seringkali dianggap sebagai metode kuno yang sudah tidak relevan dengan jaman. Namun ternyata, pendapat tersebut tidak selamanya benar,karena dalam beberapa konteks tertentu metode hafalan ini sangat cocok untuk diterapkan. Misalnya saja dalam pelajaran dengan materi-materi sejenis dalil,ayat, hadits, pembelajaran Bahasa Arab, dan lain sebagainya, metode hafalan ini lah yang paling pas untuk diterapkan, karena bagaimanapun juga demi pemahaman yang lebih mendalam untuk dapat memahami suatu dalil itu
seyogyanya dihafalkan terlebih dahulu. Hal tersebut juga dapat bermanfaat untuk memudahkan dalam proses menyampaikan apa yang telah dihafalkan. Maka dari itu, penelitian ini mencoba mengetahui bagaimana proses perencanaan,
pelaksanaan, serta evaluasi dalam penerapan metode hafalan pada pembelajaran Bahasa Arab (Mahfudzot) di MTs Darul Amanah Kendal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder yang semuanya berkaitan dengan implementasi metode hafalan pada pembelajaran Bahasa Arab
(Mahfudzot) di MTs Darul Amanah Kendal. Data akan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis terhadap data yang ada, penulis menyimpulkan bahwa
perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam penerapan metode hafalan pada pembelajaran Bahasa Arab (Mahfudzot) di MTs Darul Amanah Kendal secara keseluruhan berjalan dengan baik dan efektif. Hal ini dibutikan dengan data-data
yang didapatkan selama penelitian berlangsung yang sesuai dengan pedomanpedoman pelaksanaan suatu pembelajaran
pada umumnya.
Kata Kunci: Implementasi, Metode, Hafalan, Bahasa Arab, Mahfudzot.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 01:59 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 01:59 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |