NABILAH, LULUK (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA KELAS V DI SLB-C WIDYA BHAKTI SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.
Preview |
Text
Abstrak.pdf |
Preview |
Text
BabI.pdf |
![]() |
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only |
Preview |
Text
Cover.pdf |
Preview |
Text
Daftar_pustaka.pdf |
Preview |
Text
Daftarisi.pdf |
Preview |
Text
Lampiran.pdf |
Preview |
Text
Pernyataan_publikasi.pdf |
Abstract
Pendidikan adalah hak untuk semua manusia. Baik manusia normal ataupun manusia memiliki kelainan. Pendidikan tidak hanya berkutat dalam hal duniawi saja akan tetapi juga ada pendidikan akhirat. Pendidikan agama islam adalah pendidikan yang berorientasi pada kehidupan akhirat. Tentunya dalam
memberikan pendidikan agama islam ini menggunakan sistem pembelajaran yang tepat dan efisien. Yang termasuk kedalam pembelajaran adalah : strategi, materi, metode dan media. Semua point tersebut sebagai sub sub yang terdapat dalam
pembelajaran. pendidikan agama islam juga termasuk kedalam salah satu pendidikan yang harus diterima oleh anak berkelainan yaitu anak tunagrahita. Bukan menjadi hal yang tidak mungkin untuk anak berkelainan paham dan mengerti pendidikan berorientasi akhirat ini. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif (field research) dengan
menggunakan pendekatan deskriptif yang dilakukan di SDLB-C Widya Bhakti Semarang pada bulan Agustus sampai September tahun 2018. Subjek dari penelitian ini adalah Guru PAI kelas V SD. Pengumpulan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pemnelajaran pendidikan agama islam ini guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Serta menganut pada strategi
ekspositori. Proses pembelajaran diawali dengan melihat RPP yang masih berbentuk KTSP milik guru sebelumnya dan melengkapi dengan mencari diinternet. Tahap pelaksanaan ibu Hastutik menerapkan metode dan menyampaikan materi dengan santai sehingga anak didik tidak merasa tertekan saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Tahap evaluasi ibu Hastutik memberikan ulangan ringan oleh setiap individu baik secara bersama-sama atau individu, evaluasi harian ini ditujukan untuk melihat bagaimana perkembangan
anak didik dari waktu ke waktu. Evaluasi ini juga diadakan pada tengah semester dan akhir semester.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran, Anak Tunagrahita
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 01:59 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 01:59 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |