Anjarsani, Zulfika Aulia (2018) STRATEGI KREATIF PRODUKSI PROGRAM MUSIK “GAMAFANS" DI RADIO GAJAH MADA 102.4 FM DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (221kB)
[thumbnail of BabI.pdf]
Preview
Text
BabI.pdf

| Preview Download (443kB)
[thumbnail of BabII.pdf] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (470kB)
[thumbnail of BabIII.pdf] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (505kB)
[thumbnail of BabIV.pdf] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (490kB)
[thumbnail of BabV.pdf] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (189kB)
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (991kB)
[thumbnail of Daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

| Preview Download (276kB)
[thumbnail of Daftarisi.pdf]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

| Preview Download (196kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

| Preview Download (504kB)
[thumbnail of Pernyataan_publikasi.pdf]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

| Preview Download (423kB)

Abstract

Gamafans adalah program acara hiburan dan informasi yang telah siaran di Radio Gajahmada sejak 1991. Gamafans menyajikan sebuah hiburan yang didalamnya membahas seputar informasi terkini serta memutarkan musik-musik yang up to date di kalangan anak muda seperti perbincangan santai penyiarnya dengan menggunakan bahasa anak muda sekarang. Bertahan selama lebih dari dua puluh lima tahun di stasiun penyiaran radio, tentu Gamafans melewati berbagai macam tantangan dari semakin ketatnya persaingan industri media
penyiaran dan mengharuskan mempertahankan eksistensinya dengan menggunakan berbagai strategi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif
dalam memproduksi program Gamafans dalam mempertahankan eksistensinya di radio Gajahmada. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme.mMengaitkan penelitian ini dengan strategi produksi program radio dan teorim ekologi media untuk mempertahankan kelangsungan hidup di dalam sebuah
industri media massa. Dengan analisis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan strategi kreatif menggunakan Pringle
star jangka pendek, menengah dan panjang yang mencangkup pemilihan format dan isi program, menarik pendengar, mencari penyiar sesuai format siaran. Selanjutnya Pemasaran Program menggunakan model marketing mix Peter & Olson: produk program, harga program, distribusi program dan promosi program. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa di dalam produksi program musik. Strategi kreatif tertuju pada konten siaran yang memuat seputar informasi dengan segmentasi pendengar anak muda, dengan produksi program melalui
pendekatan dari penyiar teknik adlibs menggunakan media interaksi whatsapp dan dalam mempertahankan eksistensinya yakni memutarkan lagu-lagu 10tahun terakhir top fourty serta bekerjasama dengan pihak label dan menggunakan media
sosial instagram, twitter, facebook sebagai media promosi. Keterbatasan penelitian ini sumber informasi hanya dari tim produksi sehingga diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat menggali informasi yang lebih banyak lagi.

Kata Kunci : Strategi Kreatif, Produksi Program, Eksistensi

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya > Mahasiswa FBSB - Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:52
Last Modified: 30 Apr 2019 01:52
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12447

Actions (login required)

View Item View Item