SANTOSO, TRI BAGUS (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBANTUAN KOCOK SUMPIT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATI SISWA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (433kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (60kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (184kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (183kB)
[thumbnail of Publikasi.pdf]
Preview
Text
Publikasi.pdf

| Preview Download (78kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (188kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (253kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (383kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (425kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (59kB)

Abstract

Kata Kunci: Everyone is a Teacher Here, kocok sumpit, komunikasi matematika, perbandingan

Pada pembelajaran matematika di SMP IT PAPB Semarang informasi pada pokok bahasan perbandingan diperoleh bahwa siswa malu bertanya, kurangnya berinteraksi atau kurangnya komunikasi matematika dalam pembelajaran matematika, malu mengajukan pendapat serta penggunaan media jarang digunakan. Selain itu, guru belum menerapkan strategi pembelajaran aktif sehingga tidak ada interaksi antar siswa. Terdapat 14 dari 32 siswa memiliki nilai dibawah KKM pada ulangan harian materi perbandingan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan kocok sumpit terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desain penelitian yang mengunakan analisis kuantitatif. penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan posttest only control design
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran everone is a teacher here berbantuan kocok sumpit terdiri dari enam fase yaitu fase pertama menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa, fase kedua menyajikan informasi, fase ketiga Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, fase keempat Membimbing kelompok belajar dan bekerja, fase kelima evaluasi dan fase keenam pemberian penghargaan. Penerapan pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan kocok sumpit efektif didapatkan bahwa nilai signifikasi tes kemampuan komunikasi matematika sebesar 0,027 < 0.05.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:09
Last Modified: 05 Oct 2018 04:09
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11477

Actions (login required)

View Item View Item