Prayitno, Teguh Kus (2018) PENINGKATAN SIKAP KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GEO BOARD KELAS V SDN KUNCIR 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (8MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (353kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (174kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (205kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (372kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (471kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (473kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (87kB)

Abstract

Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti ditunjukkan dari pembelajaran yang dilaksanakan belum dapat mengembangkan kemampuan pemahaman konsep siswa secara maksimal, seperti, saat guru memintasiswa untuk memberikan contoh-contoh dari konsep yang telah dipelajari, sedikit sekali siswa yang dapat menjawab. Pada saat siswa diberi latihan, kebanyakan siswa hanya menyalin pekerjaan temannnya yang lebih pintar. Pemahaman konsep siswa yang masih rendah juga terlihat pada saat guru meminta siswa menyebutkan kembali materi yang telah dipelajari, sebagian besar siswa tidak dapat menyebutkan kembali konsep yang telah mereka pelajari sebelumnya.Selain pemahaman konsep yang rendah, siswa juga kurang kreatif, pada saat guru menyampaikan materi siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru tanpa ada yang mau bertanya maupun mengungkapkan pendapatnya terkait materi pelajaran, mereka cenderung hanya diam dan takut jika salah, Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK, bertujuan untuk meningkatkan sikap kreatif dan pemahaman konsep Matematika materi bangun datar melalui metode pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Geo Board Kelas V SDN Kuncir 02 dengan jumlah siswa 19, penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemun disetiap siklusnya, dari kedua siklus tersebut terdapat 4 tahapan dalam penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refelksi. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Pada siklus I sikap kreatif siswa sebesar 74, 45%, sedangkan pada siklus II sebesar 89,82%, pada pemahaman konsep siklus I mendapatkan presentase sebesar 70,81 %, sedangkan siklus II sebesar 76,07 %.

Kata Kunci : Sikap Kreatif, Pemahaman Konsep Matematika, Metode Discovery Learning, Media Geo Board

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:12
Last Modified: 05 Oct 2018 04:12
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11464

Actions (login required)

View Item View Item