Prayitno, Teguh Kus (2018) PENINGKATAN SIKAP KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GEO BOARD KELAS V SDN KUNCIR 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
Preview |
Text
COVER.pdf |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf |
Preview |
Text
PUBLIKASI.pdf |
Preview |
Text
BAB I.pdf |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti ditunjukkan dari pembelajaran yang dilaksanakan belum dapat mengembangkan kemampuan pemahaman konsep siswa secara maksimal, seperti, saat guru memintasiswa untuk memberikan contoh-contoh dari konsep yang telah dipelajari, sedikit sekali siswa yang dapat menjawab. Pada saat siswa diberi latihan, kebanyakan siswa hanya menyalin pekerjaan temannnya yang lebih pintar. Pemahaman konsep siswa yang masih rendah juga terlihat pada saat guru meminta siswa menyebutkan kembali materi yang telah dipelajari, sebagian besar siswa tidak dapat menyebutkan kembali konsep yang telah mereka pelajari sebelumnya.Selain pemahaman konsep yang rendah, siswa juga kurang kreatif, pada saat guru menyampaikan materi siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru tanpa ada yang mau bertanya maupun mengungkapkan pendapatnya terkait materi pelajaran, mereka cenderung hanya diam dan takut jika salah, Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK, bertujuan untuk meningkatkan sikap kreatif dan pemahaman konsep Matematika materi bangun datar melalui metode pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Geo Board Kelas V SDN Kuncir 02 dengan jumlah siswa 19, penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemun disetiap siklusnya, dari kedua siklus tersebut terdapat 4 tahapan dalam penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refelksi. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Pada siklus I sikap kreatif siswa sebesar 74, 45%, sedangkan pada siklus II sebesar 89,82%, pada pemahaman konsep siklus I mendapatkan presentase sebesar 70,81 %, sedangkan siklus II sebesar 76,07 %.
Kata Kunci : Sikap Kreatif, Pemahaman Konsep Matematika, Metode Discovery Learning, Media Geo Board
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:12 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:12 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |