Muzayyanah, Alfiyatum (2018) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU DOMINO PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGREJO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (152kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (165kB)
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (267kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (367kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (290kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (507kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (155kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (813kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (582kB)

Abstract

Nilai belajar siswa secara umum masih rendah, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan nilai belajar siswa sesuai dengan KKM yang sudah ada yaitu 65. Pembelajaran Discovery Learning digunakan sebagai model pembelajaran berbasis penemuan dengan bimbingan guru sehingga siswa dapat menyelesaikan suatu permasaahan dengan mandiri dan mengacu pada keingintahuan pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan rasa ingin tahu dan nilai belajar IPA melalui pembelajaran Discovery Learning berbantuan media kartu domino yang menarik pada siswa kelas V. Peningkatan rasa ingi tahu siswa dalam pembelajaran Discovery Learning dibuktikan menggunakan observasi dan nilai evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri 2 Karangrejo TA 2017/2018. Teknik pengumpulan data pada penelitian, meliputi observasi, dan tes. Adannya peningkatan rasa ingin tahu yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh presentase 63% dengan kriteria baik dalam sikap rasa ingin tahu pada siswa sedangkan pada siklus II diperoleh presentase 86% dengan kriteria sangat baik. Adannya peningkatan nilai belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai belajar pada setiap siklusnnya. Pada siklus I diperoleh ketuntasan klaksikal sebesar 67,31%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan klaksikal sebesar 84,61%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimplkan bahwa pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatan rasa ingin tahu dan nilai belajar di kelas V SD Negeri 2 Karangrejo.

Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Nilai Belajar, Pembelajaran Discovery Learning

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:14
Last Modified: 05 Oct 2018 04:14
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11390

Actions (login required)

View Item View Item