Jayanti, Evi Sri (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL MEANINGFUL INTRUCTIONAL DESIGN BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SD NEGERI MUKTIHARJO LOR SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (905kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (112kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (94kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (145kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (171kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

| Preview Download (179kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (321kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (361kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (430kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (89kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model Meaningful Intructional Design dengan berbantuan media visual dikelas V SD NEGERI Muktiharjo Lor Semarang Kecamatan Genuk Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan,pelaksanaan,observasi,refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Muktiharjo Lor Semarang yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yang meliputi soal unjuk kerja dan lembar kerja siswa,lembar observasi aktivitas guru,dan lembar observasi aktivitas siswa. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa ditunjukan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan presesntase 82,71% termasuk kategori sangat baik. Siklus II dengan presentase 68,50% termasuk kategori siswa baik. Berdasarkan hasil penelitian siswa yang maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Meaningful Intructional Design dengan berbantuan media visual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri Muktiharjo Lor Semarang.

Kata Kunci : Keterampilan menulis karangan deskripsi, model pembelajaran Meaningful Intructonal Design, media visual

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:20
Last Modified: 05 Oct 2018 04:20
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11356

Actions (login required)

View Item View Item