Yuniko, Agis (2018) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB MENURUNNYA MENGAJI DI SMP MUHAMMADIYAH 08 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (270kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (205kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (371kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (244kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (360kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (159kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (212kB)

Abstract

Skripsi ini membahas faktor penyebab menurunnya mengaji di SMP Muhammadiyah 08 Semarang. Kajiannya dilatar belakangi oleh semakin rendahnya kualitas anak dalam membaca al-Qur’an khususnya mereka yang telah menyelesaikan pendidikan tingkat dasar. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana faktor-faktor yang menyebabkan menurunnya anak dalam belajar al-Qur’an? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 08 Semarang. Di tempat tersebutlah yang dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan deskripsi mengenai realita pendidikan agama di yayasan. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenologi dan analisis deskriptif menggunakan logika induksi, deduksi, dan refleksi.
Kajian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab menurunnya mengaji anak dipengaruhi oleh tiga faktor, Pertama faktor dalam diri anak meliputi perasaan malas, gengsi, merasa sudah bisa, beban PR sekolah. Kedua faktor lingkungan meliputi pragmatism orang tua, daerah trans desa ke kota, kurangnya motivasi, Acara televisi dan Ketiga faktor proses pembelajaran meliputi tidak ada pembagian kelas, tidak adanya target kurikulum, Sarana dan prasarana kurang, alokasi waktu singkat, kurangnya tenaga pendidik
Beberapa hal yang telah diuraikan di atas tidak akan ada maknanya, manakala tidak didukung oleh semua kapisan masyarakat dengan penuh kesadaran untuk menjalankannya.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:55
Last Modified: 03 May 2018 01:55
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10557

Actions (login required)

View Item View Item