MUNIF, FATKHAN (2018) GAMBARAN PERKEMBANGAN ANAK PRA SEKOLAH DI PAUD CENDEKIA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[thumbnail of 1. HALAMAN JUDUL.pdf]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

| Preview Download (856kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

| Preview Download (13kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (19kB)
[thumbnail of 4. BAB I.pdf]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

| Preview Download (127kB)
[thumbnail of 5. BAB II.pdf] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (240kB)
[thumbnail of 6. BAB III.pdf] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (141kB)
[thumbnail of 7. BAB IV.pdf] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (17kB)
[thumbnail of 8. BAB V.pdf] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (14kB)
[thumbnail of 9. BAB VI.pdf] Text
9. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (8kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (207kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (731kB)

Abstract

Latar Belakang: Pada masa pra sekolah ini apabila perkembangan kemampuan berbahasa, kreativitas, kesadaran sosial, emosional, dan intelegensia berjalan dengan baik maka akan menjadi kunci perkembangan kedepannya. Pada masa periode kritis ini, sangat diperlukan rangsangan atau stimulasi yang bertujuan agar potensinya bisa berkembang dengan baik. Saat anak tumbuh dan berkembang, anak begitu lincah dan memikat. Akan tetapi, banyak orang tua yang belum menyadari bahwa dalam diri anak terjadi perkembangan potensi yang kelak akan berharga sebagai sumber daya manusia. perkembangan yang dapat dipantau meliputi gerak kasar, gerak halus, kemampuan bicara dan bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Survey. Pengumpulan data menggunakan dilakukan dengan observasi. jumlah responden 60 siswa dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji Deskriptif frequensi.
Hasil: kategori usia responden berusia 3 tahun sebanyak 22 responden dengan persentase 43,1% dan usia 4 tahun sebanyak 29 responden dengan persentase sebesar 56,9% dari 51 responden. data jenis kelamin responden bahwa jenis kelamin perempuan sebanyak 28 responden dengan persentase sebanyak 54,9% dan jenis kelamin laki-laki sebanyak 23 responden dengan persentase sebesar 45,1% dari jumlah keseluruhan responden. data perkembangan anak di PAUD memiliki perkembangan normal sebanyak 36 anak dengan persentase 70,6% dari 51 responden. Suspect 15 anak dengan persentase 29,4%.
Kesimpulan: 1. Karakteritik responden pada penelitian ini usia terbanyak 4 tahun (56,9%) dengan besar jenis kelamin perempuan (54,9%),
2. Hasil perkembangan anak di PAUD memiliki perkembangan normal sebanyak (70,6%), suspect (29,4%), untestable (0%).

Kata kunci: tumbuh kembang anak, pengukuran DDST

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:55
Last Modified: 03 May 2018 01:55
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10549

Actions (login required)

View Item View Item