Mustafidah, Atina (2018) PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN LEGO TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 4 - 6 TAHUN DI TK KARTIKA GENUK INDAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[thumbnail of 1. HALAMAN JUDUL.pdf]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

| Preview Download (673kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

| Preview Download (325kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (95kB)
[thumbnail of 4. BAB I.pdf]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

| Preview Download (168kB)
[thumbnail of 5. BAB II.pdf] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (209kB)
[thumbnail of 6. BAB III.pdf] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (254kB)
[thumbnail of 7. BAB IV.pdf] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (234kB)
[thumbnail of 8. BAB V.pdf] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (176kB)
[thumbnail of 9. BAB VI.pdf] Text
9. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (152kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (220kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (722kB)

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan merupakan tahapan peningkatan pada fungsi dan struktur tubuh yang lebih kompleks. Keterlambatan perkembangan anak dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Oleh karena itu, perkembangan anak usia prasekolah dapat dikembangkan secara maksimal melalui kegiatan bermain, salah satu stimulus yang cocok untuk perkembangan anak yaitu modifikasi permainan lego. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan lego terhadap perkembangan anak usia 4 – 6 tahun.
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah Pre Experimenntal dengan One Group Pre-Post Test Design. Jumlah sampel sebanyak 17 responden dengan teknik total sampling. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji marginal homogeneity.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dari 17 responden, 9 responden dengan kategori normal (52,9%), 7 responden dengan kategori suspect (41,2%), 1 responden dengan kategori untestable (5,9%) sebelum diberikan perlakuan. Sedangkan setelah diberikan perlakuan diperoleh 13 responden dengan kategori normal (76,5%), 4 responden dengan kategori suspect (23,5%), dan tidak ada responden dengan kategori untestable. Hasil uji Marginal Homogeneity diperoleh nilai p value = 0,025 atau p value <0,05.
Simpulan: Ada pengaruh yang signifikan dari modifikasi permainan lego terhadap perkembangan anak usia 4 – 6 tahun.

Kata kunci: Modifikasi permainan lego, perkembangan anak

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:54
Last Modified: 03 May 2018 01:54
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10524

Actions (login required)

View Item View Item