Mansuron, Mansuron (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI GENUKSARI 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (203kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

| Preview Download (22kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (22kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (188kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (23kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (105kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (166kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (97kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (15kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan supaya meningkatkan motivasi maupun prestasi belajar mata pelajaran IPS yang dinilai masih kurang di kelas V SD Negeri Genuksari 02 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian yang diterapkan yaitu penelitian tindakan kelas, terdiri dari II siklus I siklus dilakukan 2 kali pertemuan dengan subjek kelas V SD Negeri Genuksari 02 tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 44 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Peningkatan motivasi dari siklus I yaitu 75% dengan kategori baik, kemudian dilanjutkan dengan siklus II yaitu 91% hal ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar menjadi sangat baik. Kemudian pada prestasi belajar dimana pada siklus I mencapai 48% lalu dilanjutkan dengan siklus II memperoleh 86,38% hal ini menunjukan adanya kenaikan siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan maka disimpulan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar di kelas V SD Negeri Genuksari 02.

Kata Kunci : motivasi belajar, prestasi belajar, model pembelajaran Problem Based Learning

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:46
Last Modified: 13 Feb 2018 03:46
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item