Majid, Muhammad Hamdani (2025) PENGARUH PENERAPAN HIDDEN CURRICULUM DAN KETELADANAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ILMI DARUNNAJAH 14. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400401_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400401_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (892kB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400401_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400401_fullpdf.pdf

| Download (2MB)

Abstract

Studi ini menggunakan paradigma kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada santri di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14. Sebanyak 81 responden santri dari Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 terlibat dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa hidden curriculum memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter santri, dengan kontribusi sebesar 77,5%. Hal ini dibuktikan dengan nilai T-hitung sebesar 10,660 yang lebih besar dari T-tabel (1,991) dan nilai signifikansi (P-value) 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Keteladanan guru juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter santri, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,727 (72,7%), nilai signifikansi 0,000, dan nilai T-statistik 13,480 yang melebihi nilai kritis 1,991.
Dalam pengembangan ilmu, studi ini mendukung teori Pembelajaran Sosial Albert Bandura yang menekankan bahwa individu belajar melalui pengamatan dan peniruan perilaku orang lain (modeling atau keteladanan). Temuan ini mengindikasikan bahwa hidden curriculum yang dikelola dengan efektif akan meningkatkan pembentukan karakter santri , dan keteladanan guru yang baik juga secara signifikan meningkatkan pembentukan karakter santri. Hal ini berarti bahwa pembentukan nilai, etika, dan sikap sosial yang disampaikan secara tidak langsung melalui interaksi guru dan lingkungan sekolah sangat bermanfaat untuk menciptakan santri dengan karakter yang kuat, disiplin, dan sesuai dengan ajaran Islam.
Kesimpulan terpadu menunjukkan kebenaran bahwa pembentukan karakter santri sangat dipengaruhi oleh lingkungan belajar non-formal dan peran aktif guru sebagai teladan. Hasil studi ini menunjukkan kebenaran koherensi karena masing-masing variabel saling topang sehingga membentuk sistem bangunan yang holistik dalam pendidikan karakter berbasis pesantren.
Kata kunci: hidden curriculum, keteladanan guru, pembentukan karakter santri.

Dosen Pembimbing: Izfanna, Duna and Madrah, Muna Yastuti | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Dec 2025 03:35
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43750

Actions (login required)

View Item View Item