Pratama, Muhammad Rezza Aditya (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN EMAIL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DENGAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
| ![Manajemen_30402100166_fullpdf.pdf [thumbnail of Manajemen_30402100166_fullpdf.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Manajemen_30402100166_fullpdf.pdf | 
| ![Manajemen_30402100166_pernyataan_publikasi.pdf [thumbnail of Manajemen_30402100166_pernyataan_publikasi.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Manajemen_30402100166_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only | 
Abstract
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang pesat dimanfaatkan perusahaan retail pada bidang pemasaran yaitu praktik pemasaran digital, sehingga penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Social Media Marketing dan Email Marketing terhadap Repurchase Intention pada Alfamart dengan Customer Trust sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif digunakan melalui Partial Least Square–Structural Equation Modeling (PLS SEM) berdasarkan data kuesioner dengan 180 konsumen yang menerima promosi Alfamart via media sosial dan email. Hasil menunjukkan Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Trust dan Repurchase Intention. Customer Trust sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention, serta memediasi secara signifikan hubungan Social Media Marketing dengan Repurchase Intention. Sebaliknya, Email Marketing berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Customer Trust, dan negatif serta tidak signifikan terhadap Repurchase Intention. Uji mediasi lebih lanjut menegaskan bahwa Customer Trust tidak berperan signifikan dalam memediasi pengaruh Email Marketing terhadap Repurchase Intention. Temuan ini mengindikasikan bahwa kampanye media sosial lebih efektif dalam membangun kepercayaan dan mendorong pembelian ulang pelanggan Alfamart dibandingkan email marketing. Perusahaan disarankan memfokuskan investasi pada strategi media sosial yang interaktif dan kredibel sambil meninjau kembali segmentasi, personalisasi, dan relevansi konten email untuk meningkatkan kinerjanya.
Kata kunci: Social Media Marketing, Email Marketing, Customer Trust, Repurchase Intention
| Dosen Pembimbing: | Mulyana, Mulyana | nidn0607056003 | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management | 
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen | 
| Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:40 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43394 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
