Candradewi, Iin Puspita (2025) PENGARUH ONLINE COSTUMER REVIEW DAN CONTENT MARKETING, TERHADAP PURCHASE BEHAVIOR MELALUI PURCHASE INTENTION E-COMMERCE TIKTOK SHOP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Manajemen_30402100121_fullpdf.pdf] Text
Manajemen_30402100121_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Manajemen_30402100121_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Manajemen_30402100121_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Online Customer Review dan Content Marketing terhadap Purchase Behavior melalui Purchase Intention pada platform e-commerce TikTok Shop. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pesatnya perkembangan media sosial dan e-commerce yang mendorong perubahan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 96 responden yang pernah melakukan pembelian di TikTok Shop. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Customer Review dan Content Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention. Selain itu, Online Customer Review dan Content Marketing juga berpengaruh langsung terhadap Purchase Behavior. Purchase Intention terbukti menjadi variabel mediasi yang signifikan antara Online Customer Review dan Content Marketing terhadap Purchase Behavior. Temuan ini mengindikasikan bahwa ulasan pelanggan dan strategi pemasaran berbasis konten memainkan peran penting dalam membentuk niat serta perilaku pembelian konsumen di platform TikTok Shop. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku bisnis dalam mengoptimalkan strategi pemasaran digital guna meningkatkan loyalitas dan keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci : Online Customer Review, Content Marketing, Purchase Behavior dan, Purchase Intention

Dosen Pembimbing: Ratnawati, Alifah | nidn0611106301
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 Oct 2025 05:52
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43391

Actions (login required)

View Item View Item