Imam, Khairul (2025) MODEL PENINGKATAN INNOVATIVE WORK BEHAVIOR MELALUI SELF EFFICACY DAN WORK ENGAGEMENT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Manajemen_30401900160_fullpdf.pdf] Text
Manajemen_30401900160_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Manajemen_30401900160_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Manajemen_30401900160_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (137kB)

Abstract

Inovasi dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk memiliki perilaku kerja inovatif guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Perilaku kerja inovatif sangat penting dalam membantu guru SMA mengembangkan metode pengajaran yang kreatif dan adaptif terhadap perubahan zaman. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh self-efficacy (efikasi diri) dan work engagement (keterlibatan kerja) terhadap perilaku kerja inovatif guru SMA. Penelitian ini bersifat eksplanatori dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian terdiri atas 138 guru SMA di Kabupaten Demak. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh self-efficacy dan work engagement terhadap perilaku kerja inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik self-efficacy maupun work engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kerja inovatif guru. Temuan ini mengindikasikan bahwa penguatan self-efficacy dan peningkatan keterlibatan kerja merupakan strategi yang efektif untuk mendorong perilaku kerja inovatif di kalangan guru.
Kata kunci: Self efficacy, Work engagement, Perilaku kerja inovatif, Guru, Pendidikan

Dosen Pembimbing: Adhiatma, Ardian | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Nov 2025 06:09
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43294

Actions (login required)

View Item View Item