Soerono, Mahendra Nusanto (2025) PENGARUH RELIGIOUS VALUE CO CREATION DAN EMPLOYEE CUSTOMER IDENTIFICATION TERHADAP TRUST DAN MINAT BELI PADA PRODUK CICIL EMAS PT BANK SYARIAH INDONESIA TBK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Manajemen_20402400550_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Manajemen_20402400550_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Pertumbuhan Bank Syariah di Indonesia saat ini semakin berkembang secara global. Salah satu produk baru yang ditawarkan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) yang tidak kalah menarik adalah cicil emas. Namun kinerja penjualan suatu produk perbankan tetap mengalami permasalah, Adapun fenomena gap yang peneliti temukan di Bank Syariah Indonesia bahwa kurangnya minat nasabah untuk melakukan cicil emas. Minat investasi pada suatu produk berbasis agama termasuk di dalamnya adalah cicil emas Bank Syariah Indonesia dapat dipengaruhi oleh religious value co creation. Selain religious value co creation, employee customer identification merupakan variabel lain yang dapat mempengaruhi minat konsumen. Adanya gap di atas perlu dicari solusinya. Penelitian ini memasukan variabel trust nasabah untuk menjembatani gap tersebut.
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan metode kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini adalah nasabah targeted payroll dan priority Bank Syariah Indonesia berjumlah sekitar 300 ribu orang dengan kriteria khusus nasabah muslim, minimal sudah 1 tahun menjadi nasabah, dan belum pernah memiliki produk cicil emas. Jumlah sampel sebesar 110 nasabah Bank Syariah Indonesia menggunakanrumus hair dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini, analisis data menggunakan metode SEM-PLS dengan sofrware SmartPLS (Partial Least Square).
Hasil penelitian 1) Religious value co creation berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust. 2) Employee customer identification berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust. 3) Religious value co creation berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. 4) Employee customer identification berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. 5) Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. 6) Trust berperan dalam memediasi pengaruh positif dan signifikan religious value co creation terhadap minat beli. 7) Trust berperan dalam memediasi pengaruh positif dan signifikan employee customer identification terhadap minat beli.
Kata kunci : Religious Value Co Creation, Employee Customer Identification, Trust, Minat beli, Perbankan Syariah.
| Dosen Pembimbing: | Wikaningrum, Tri | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 01:52 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
