Yanurianto, Viki (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN EXPERIENTIAL MARKETING SEBAGAI MODERASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Manajemen_20402400453_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Manajemen_20402400453_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Riset ini ditujukan guna mengusulkan variabel experiential marketing sebagai variabel moderasi dan memberikan perspektif baru dalam memahami dampak Social Media Marketing/SMM kepada Purchase Decision’dalam konteks UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Blora. Disampig itu, studi ini juga ditujukan guna memberi wawasan baru terkait peran strategis experiential marketing dalam konteks pemasaran digital. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksplanatori dengan populasi yang mencakup seluruh masyarakat Kab. Blora yang menggunakan media sosial atau internet, yang jumlahnya tidak terbatas. Sampel penelitian termuat daripada 119 respondens yang ditentukan dengan Metode pengambilan’sampel pada studi ini ialah teknik purposive sampling’yakni sampel melalui kriteria spesifik dalam riset. Data diakumulasi melalui kuesioner dengan skala interval dari 1-10, yang menggambarkan tingkat kesetujuan dari “Sangat Tidak Setuju” (1) hingga “Sangat’Setuju” (10). Analisis’data dijalankan dengan menerapkan Partial Least Square (PLS).
Temuan studi mengindikasikan bahwa Social Media’Marketing yang dijalankan oleh UMKM Makanan dan Minuman di Kab. Blora berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision dari calon konsumen. Serta, variable experiential marketing memoderasi dengan memperkuat hubungan dari variable Social Media Marketing kepada Purchase Decision. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan peran variabel Experiential Marketing dalam memoderasi korelasi antara’Social Media Marketing’terhadap Purchase Decision pada Produk UMKM Makanan dan Minuman. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi praktis bagi UMKM Makanan dan Minuman di Kabupaten Blora terkait Strategi Pemasaran melalui Sosial Media.
Kata Kunci : Social Media Marketing ; Experiential Marketing ; Purchase Decision
| Dosen Pembimbing: | Mulyana, Mulyana | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 08:49 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
