Rahman, Saeful (2025) Peran Pemasaran Digital dalam Membangun Brand Awareness dan Loyalitas Pelanggan Grab di Indonesia. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402400344_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400344_fullpdf.pdf

| Download (4MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402400344_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400344_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pemasaran digital dalam membangun brand awareness dan loyalitas pelanggan pada layanan Grab di Indonesia. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena persaingan ketat industri ride-hailing dan fenomena gap antara intensitas strategi pemasaran digital dengan tingkat loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS). Data primer diperoleh dari 123 responden pengguna Grab yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian mencakup kuesioner dengan skala Likert 5 poin untuk mengukur variabel pemasaran digital, brand awareness, dan loyalitas pelanggan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, dan brand awareness berpengaruh positif serta signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, pemasaran digital juga berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, namun pengaruh tidak langsung melalui brand awareness lebih kuat. Temuan ini memperkuat peran brand awareness sebagai variabel mediasi dalam membentuk loyalitas pelanggan. Secara praktis, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi Grab untuk meningkatkan konsistensi pesan pemasaran digital dan memperkuat identitas merek guna mempertahankan loyalitas pelanggan.
Kata kunci: Pemasaran digital, brand awareness, loyalitas pelanggan, Grab, SEM-PLS.

Dosen Pembimbing: Sulistyo, Heru | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Dec 2025 09:42
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43116

Actions (login required)

View Item View Item