Rahman, Saeful (2025) Peran Pemasaran Digital dalam Membangun Brand Awareness dan Loyalitas Pelanggan Grab di Indonesia. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Manajemen_20402400344_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Manajemen_20402400344_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pemasaran digital dalam membangun brand awareness dan loyalitas pelanggan pada layanan Grab di Indonesia. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena persaingan ketat industri ride-hailing dan fenomena gap antara intensitas strategi pemasaran digital dengan tingkat loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS). Data primer diperoleh dari 123 responden pengguna Grab yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian mencakup kuesioner dengan skala Likert 5 poin untuk mengukur variabel pemasaran digital, brand awareness, dan loyalitas pelanggan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, dan brand awareness berpengaruh positif serta signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, pemasaran digital juga berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, namun pengaruh tidak langsung melalui brand awareness lebih kuat. Temuan ini memperkuat peran brand awareness sebagai variabel mediasi dalam membentuk loyalitas pelanggan. Secara praktis, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi Grab untuk meningkatkan konsistensi pesan pemasaran digital dan memperkuat identitas merek guna mempertahankan loyalitas pelanggan.
Kata kunci: Pemasaran digital, brand awareness, loyalitas pelanggan, Grab, SEM-PLS.
| Dosen Pembimbing: | Sulistyo, Heru | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 09:42 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
