Zamzami, Hilmi (2025) STRATEGI PEMASARAN RUKO LIKE WISE COFFEE UNTUK MENINGKATKAN LABA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402400211_fulldoc.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400211_fulldoc.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402400211_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400211_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (131kB)

Abstract

Strategi pemasaran menjadi faktor penting dalam bisni kedai kopi di era sekarang. Strategi pemasaran menjadi salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan laba. Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) sangat penting karena memberikan gambaran komprehensif tentang kondisi internal dan eksternal suatu organisasi atau individu, membantu dalam pengambilan keputusan strategis, dan memungkinkan pemanfaatan peluang serta mitigasi ancaman, Oleh karena itu perlu dilakukan analisa yang pada akhirnya bisa dijadikan rujukan dalam menentukan strategi pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Pemasaran Ruko Like Wise Coffee Untuk Meningkatkan Laba.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Analisis data menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian bahwa 1) evaluasi strategi pemasaran berjalan Ruko Like Wise Coffee diketahui bahwa selama ini masih terdapat karyawan yang datang terlambat sehingga menggu pelayanan, selain itu promosi yang kurang maksimal dengan menggunakan berbagai media social. Kurangnya fasilitas penunjang seperti tempat ibadah atau live music. Karyawan yang kurang menguasai penanganan keluhan pelanggan sehingga berdampak terhadap kepuasan pelanggan yang rendah; 2) Hasil ⁠identifikasi SWOT dari faktor internal dan eksternal Ruko Like Wise Coffee terdiri dari strength (kekuatan) yaitu lokasi yang strategis, produk yang berkualitas dan unggulan, produk yang beragam, harga yang terjangkau konsumen, dan pelayanan yang ramah. Sedangkan weakness (kelemahan) yang dimiliki adalah adanya karyawan yang datang terlambat, masih minimnya pemasaran. Kemudian, opportunity (peluang) yaitu meningkatnya permintaan konsumen, peluang pasar yang luas, meningkatkan pemasaran melalui media sosial, kualitas produk diakui konsumen. Sedangkan, threat (ancaman) adalah pesaing yang bergerak pada bidang yang sama, pesaing yang memberikan harga miring, dan mulai tumbuhnya kafe yang baru; 3) Strategi pemasaran yang dilakukan kedepannya pada Ruko Like Wise Coffee berdasarkan matriks SWOT yaitu dengan membuka cabang baru, mengintensifkan promosi pada pasar, menjaga kualitas produk yang ditawarkan, memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk melakukan promosi, dan memberikan fasilitas berupa musholla dan non-smoking area agar konsumen merasa lebih nyaman saat berada di kafe.

Dosen Pembimbing: Sumiati, Siti | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:06
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42993

Actions (login required)

View Item View Item