Kurniawan, Harry (2025) PERAN PRODUCT KNOWLEDGE, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN PRODUCT AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Manajemen_20402400197_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Manajemen_20402400197_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh product knowledge dan customer awareness terhadap keputusan berasuransi pada pengguna jasa Asuransi Jasa Raharja di Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna jasa asuransi Jasa Raharja, dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden yang diperoleh melalui teknik snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner tertutup yang disebarkan secara personal, menggunakan skala Likert lima poin dari "Sangat Tidak Setuju" hingga "Sangat Setuju". Analisis data dilakukan dengan pendekatan Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa product knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer awareness. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pengetahuan konsumen terhadap produk asuransi Jasa Raharja, maka semakin tinggi pula kesadaran mereka terhadap pentingnya berasuransi. Selain itu, product knowledge juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, yang mengindikasikan bahwa pengetahuan yang baik mengenai produk asuransi mendorong konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Selanjutnya, customer awareness juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya, semakin tinggi tingkat kesadaran konsumen terhadap pentingnya asuransi, maka semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli produk asuransi.
Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat pemahaman mengenai pentingnya peningkatan pengetahuan dan kesadaran konsumen terhadap produk asuransi sebagai upaya untuk mendorong keputusan pembelian. Temuan ini juga memberikan implikasi praktis bagi perusahaan dalam merancang strategi komunikasi dan edukasi konsumen.
Kata kunci: product knowledge; customer awareness; keputusan pembelian
| Dosen Pembimbing: | Sulistyo, Heru | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 01:41 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42987 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
