SUJONO, AKHMAD (2025) STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN BERBASIS PELANGGAN B2B DI SAAT KONDISI OVERSUPPLY DAN TINGKAT PERSAINGAN TINGGI TAHUN 2025-2026 ( STUDI KASUS INDUSTRI SEMEN DI JAWA TENGAH ). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Manajemen_20402400102_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Manajemen_20402400102_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Industri semen nasional tengah menghadapi tantangan signifikan akibat kondisi VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous), terjadinya oversupply, ketatnya persaingan dan menurunnya kinerja penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam merespons dinamika tersebut, khususnya pada segmen pelanggan B2B. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan observasi tidak langsung. Responden dipilih dari sumber internal dan eksternal ( Karyawan, Chanel Distibutor, Support, Custumer dan Stake Holder Project Owner ) meliputi manajer dan staf senior yang terlibat langsung dalam perumusan dan implementasi strategi pemasaran perusahaan. Strategi yang baik memerlukan analisis yang mendalam dalam strategi penjualan. Strategi yang tepat bagi sebuah bisnis. Strategi harus sesuai dengan lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal. Dengan analisis lingkungan bisnis, diharapkan strategi yang diterapkan dapat membantu perusahaan mengatasi persaingan dan kinerja secara berkelanjutan. Analisis dilakukan dengan pendekatan SWOT yang dikembangkan ke dalam Matriks IFAS, EFAS, SWOT, IE, BCG, Grand Strategi dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIG berada pada posisi strategis untuk menerapkan strategi pertumbuhan (growth strategy), terutama melalui inovasi produk ramah lingkungan, ekspansi pasar regional, dan penguatan layanan pelanggan digital. Matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi yang paling layak diterapkan adalah perluasan pangsa pasar melalui pendekatan kemitraan strategis dan peningkatan nilai tambah layanan.
Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya kemampuan adaptif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran yang relevan dengan perubahan eksternal yang cepat. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi industri sejenis dalam mengelola ketidakpastian pasar secara lebih strategis dan berkelanjutan.
Kata kunci: Vuca, oversupply, B2B, SWOT, growth strategi, perluasan pangsa pasar, kemitraan strategis, nilai tambah layanan.
| Dosen Pembimbing: | Sulistyo, Heru | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 06:24 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
