NUGRAHA, AGUSTIA (2025) ANALISIS FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN UNTUK PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMAN 2 CEPU. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402400098_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400098_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402400098_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400098_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (47kB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Manajerial Peningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Cepu Kabupaten Blora, penulis tertarik untuk meneliti lebih mendalam, bagaimana manajerial peningkatkan kinerja guru SMA 2 Cepu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1). planning; 2). organizing; 3). Actuating; 4). Controlling dalam peningkatan kinerja Guru.

Pendekatan dalam penelitian ini; pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif untuk memperoleh pemahaman yang mendalam atau mendeskripsikan sebuah fenomena yaitu menajemen kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah dan sedangkan objeknya adalah peningkatan kinerja guru. Pengabsahan data menggunakan metode triangulasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Planning yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMAN 2 Cepu meliputi perencanaan tujuan kegiatan, menentukan guru yang menjadi sasaran kegiatan, menentukan koordinator/tim pelaksana kegiatan, menentukan bentuk program kegiatan, menentukan waktu kegiatan, pengalokasian pembiayaan kegiatan, menentukan bentuk evaluasi kinerja guru, perencanaan ditetapkan berdasarkan rapat kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik. 2). Organizing yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru SMAN 2 Cepu dengan mekanisme penunjukan langsung yang ditugaskan sebagai guru sasaran kegiatan, koordinator /ketua dan bendahara pelaksana kegiatan sedangkan struktur lain dipercayakan kepada ketua koordinator. 3). Actuating peningkatan kinerja guru meliputi supervisi individual yang dilakukan kepala sekolah, kegiatan MGMP tingkat sekolah/kabupaten, Pelatihan Online yang diselenggaran pihak ketiga seperti yang diselenggaran oleh Pergguruan Tinggi, Organisasi Guru, Dinas pendidikan, dan kementerian dikbud dan ristek, IHT Tingkat sekolah.
4). Controlling/pengawasan terhadap peningkatan kinerja guru yang digunakan kepala sekolah

dalam melaksanakan pengawasan dengan cara melakukan observasi sewaktu waktu, laporan- laporan baik lisan maupun tertulis, dan penilaian kinerja.

Dosen Pembimbing: Cahyono, Budhi | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:39
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42904

Actions (login required)

View Item View Item