Siswoyo, Slamet Tedy (2025) MODEL PENINGKATAN REPURCHASE INTENTION PEMBIAYAAN SYARIAH PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI KOTA METRO PROVINSI LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402400057_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400057_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402400057_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400057_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (108kB)

Abstract

Dalam proses pembelian, niat beli atau repurchase intention ini berkaitan erat dengan motif yang dimilikinya untuk memakai ataupun membeli produk tertentu. Banyak faktor yang mempengaruhi repurchase intention pada produk pembiayaan syariah, salah satunya adalah tingkat religiusitas. Repurchase intention pada pembiayaan syariah oleh seseorang juga bisa disebabkan oleh pengaruh faktor pengetahuan. Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi repurchase intention pada pembiayaan syariah adalah word of mouth. Fenomena gap yang terjadi pada Lembaga keuangan syariah di Kota metor yakni kenaikan jumlah nasabah yang yang melakukan pembiayaan. Namun, ditemukan research gap, dimana literature yang ada terkait pengaruh religiusitas, pengetahuan dan word of mouth memperlihatkan hasil yang tidak konsisten. Adanya gap di atas perlu dicari solusinya. Penelitian ini memasukan variabel sikap nasabah sebagai solusi gap tersebut. Pemasukan variabel sikap sebagai pemediasi didasari hasil penelitian sebelumnya menjelaskan bahwa sikap nasabah berpengaruh terhadap repurchase intention
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan metode kuantitatif. Populasi seluruh nasabah yang melakukan pembiayaan syariah pada lembaga keuangan syariah di Kota Metro Provinsi Lampung. Teknik pengambilan teknik non probability sampling dengan metode acidental sampling sehingga sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini, analisis data menggunakan metode SEM-PLS dengan sofrware SmartPLS (Partial Least Square).
Hasil penelitian 1) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadapa sikap nasabah pada pembiayaan syariah, 2) Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadapa sikap nasabah pada pembiayaan syariah 3) Word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadapa sikap nasabah pada pembiayaan syariah 4) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadapa repurchase intention pada pembiayaan syariah, 5) Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadapa repurchase intention pada pembiayaan syariah, 6) Word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadapa repurchase intention pada pembiayaan syariah, 7) Sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadapa repurchase intention pada pembiayaan syariah, 8) Sikap mampu memediasi pengaruh positif dan signifikan religiusitas terhadap repurchase intention pada pembiayaan syariah, 9) Sikap mampu memediasi pengaruh positif dan signifikan pengetahuan terhadap repurchase intention pada pembiayaan syariah, 10) Sikap mampu memediasi pengaruh positif dan signifikan word of mouth terhadap repurchase intention pada pembiayaan syariah.

Dosen Pembimbing: Nurhidayati, Nurhidayati | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:42
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42884

Actions (login required)

View Item View Item