Kusuma, Rudi Herman (2025) DEFERENSI PRODUK MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PT ARSHAKA GRIYA AYANA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Manajemen_20402400046_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Manajemen_20402400046_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Setiap perusahaan industry properti dituntut untuk membawa strategi unik, produk inovatif, dan berbagai diferensiasi yang menonjolkan keunggulan masing-masing. Situasi ini memaksa PT Arshaka Griya Ayana untuk beradaptasi dengan perubahan tren dan kebutuhan pasar agar tetap kompetitif dan relevan dalam menciptakan nilai tambah bagi konsumennya. Diferensiasi produk memiliki potensi untuk meningkatkan keputusan pembelian dan kepuasan konsumen
Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (Explanatory Research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian seluruh customer yang sudah membeli rumah PT Arshaka Griya Ayana. Sampel diambil menggunakan teknik jenuh didapatkan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini, analisis data menggunakan metode SEM-PLS dengan software SmartPLS (Partial Least Square).
Hasil penelitian 1) Diferensiasi produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan semakin tinggi diferensiasi produk, semakin tinggi pula tingkat pembelian konsumen. 2) Diferensiasi produk secara silmutan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan semakin tinggi tingkat diferensiasi produk, semakin besar kepuasan konsumen. 3) Keputusan pembelian secara silmutan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan semakin baik keputusan pembelian semakin besar pula kepuasan konsumen. 4) Keputusan pembelian mampu memediasi pengaruh deferensi produk terhadap kepuasan konsumen, diferensiasi akan mendorong konsumen untuk membuat keputusan pembelian, dan keputusan tersebut pada akhirnya akan menentukan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk tersebut.
| Dosen Pembimbing: | Sumiati, Siti | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 01:38 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
