Yudianto, Agus (2025) ITQON BRAND MANAGEMENT CAPABILITY UPAYA MENINGKATKAN MARKETING PERFOMANCE UMKM FRANCHISE DI PROVINSI JAWA BARAT. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Doktor Ilmu Manajemen_10402200002_fullpdf.pdf] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402200002_fullpdf.pdf

| Download (5MB)
[thumbnail of Doktor Ilmu Manajemen_10402200002_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402200002_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang konsep Itqon Brand Management Capability (IBMC) untuk meningkatkan kinerja UMKM franchise. Konsep ini berbasis Dynamic Capability Theory (DCT), Dynamic Marketing Capability (DMC), dan Cross-Functional Capability (CFC), yang diperkaya dengan nilai-nilai Itqon yaitu tepat, terarah, jelas, tuntas, kesungguhan, ketekunan, amanah, ikhlas, tanggungjawab Istiqomah, bermanfaat dan orientasi kualitas sebagai pendekatan etis dan spiritual yang sering diabaikan teori Barat. Integrasi DCT dan nilai Itqon diharapkan menghasilkan model IBMC yang kontekstual bagi UMKM franchise di Jawa Barat. Masalah utama yang diangkat adalah lemahnya pengelolaan merek dan rendahnya daya saing terhadap merek asing. Gap penelitian terletak pada kurangnya integrasi kapabilitas pembelajaran, sinergi lintas fungsi, dan nilai spiritual dalam manajemen merek.
Jenis Penelitian ini adalah explanatory research atau penelitian yang bersifat menjelaskan hubungan antar variabel penelitian ( kausalitas) yaitu Customer learning Capability, Competitior Learning Capability, Itqon Brand management Capability, Brand Image Advantage dan Marketing Performance. Populasi pada studi ini adalah UMKM franchise yang berorientasi bidang makanan dan minuman, serta retail yang terdistribusi di wilayah Provinsi Jawa Barat.
Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan populasi pemilik atau pengelola UMKM franchise di Provinsi Jawa Barat. Sampel sebanyak 311 responden dipilih untuk memperoleh generalisasi yang optimal. Kuesioner didistribusikan kepada pemilik atau manajer franchise, dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software AMOS 22. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan sebagaimana berikut bahwa pembelajaran dari pelanggan dan pesaing secara signifikan memperkuat Itqon Brand Management Capability (IBMC) pada UMKM franchise. IBMC terbukti mendorong peningkatan kinerja pemasaran, namun belum berpengaruh signifikan terhadap citra merek karena nilai Itqon belum sepenuhnya tercermin dalam strategi komunikasi merek. Meski begitu, citra merek yang kuat tetap terbukti meningkatkan performa pemasaran melalui loyalitas dan kepercayaan konsumen.
Kata Kunci: Customer Learning Capability, Competitor Learning Capability, Itqon Brand Management Capability, Brand Image Advantage, Marketing Performance.

Dosen Pembimbing: Hendar, Hendar and Mulyana, Mulyana | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Disertasi Program Doktor Ilmu Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Disertasi Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2025 04:22
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42771

Actions (login required)

View Item View Item