FIDAYANTO, RANDI (2025) EFEKTIVITAS METODE AL-ANKABUT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KITAB KUNING. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400718_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400718_fullpdf.pdf

| Download (4MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400718_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400718_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (188kB)

Abstract

Keterampilan membaca kitab kuning merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang santri di pesantren. Keterampilan ini sebagai dasar untuk mempelajari dan memahami ilmu-ilmu Islam. Karena ilmi-ilmu Islam masih terjaga dengan bahasa aslinya yaitu bahasa Arab yang disebut dengan kitab kuning. Keterampilan membaca kitab kuning tidak mudah untuk diperoleh seorang santri. Kesulitan ini karena faktor rendahnya minat santri, metode pembelajaran yang kurang efektif, keterbatasan kurikulum, guru yang tidak profesional, lama waktu pembelajaran, dan pembelajaran fokus pada menghafal. Hambatan-hambatan itu membutuhkan sebuah alternatif untuk mencari solusinya.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis naratif pada testimoni para peserta pelatihan Metode Al-Ankabut di berbagai daerah dan diambil sebagai sample penelitian ini sebanyak 64 testimoni. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode Al-Ankabut terhadap santri di Pesantren Al-I’tisham dan efektifitas metode Al-Ankabut dalam meningkatkan keterampilan membaca kitab kuning. Adapun data penelitian terdiri dari: testimoni peserta, buku panduan, slide power point, dan hasil pre-test dan post uji kompetensi peserta pelatihan. Untuk analisis data menggunakan teknik dskriptif yang penerapannya dengan empat alur kegiatan, yaitu klasifikasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk mengetahui kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan Implementasi metode Al-Ankabut dalam pembelajaran bahasa Arab bisa meningkatkan keterampilan membaca kitab kuning para santri Pesantren Al-I’tisham dan menunjukkan bahwa metode Al-Ankabut sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca kitab kuning. Dari hasil penelitian dapat disarankan (1) Penelitian dilakukan di beberapa pesantren dengan karakteristik yang berbeda baik salaf, khalaf, atau terpadu untuk menilai keefektifannya secara lintas konteks (2) Pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan metode Al-Ankabut baik modul atau perangkat digital yang sesuai
(3) Melakukan penelitian comparatif dengan metode lainnya sehingga bisa melihat keefektifannya secara lebih akurat (4) Membuat instrumen evaluasi kognitif tingkat tinggi untuk mengukur keefektifannya (5) Mengadakan program pelatihan guru- guru dalam penerapan metode Al-Ankabut yang berstandar dan profesional agar tidak salah dalam memahami dan mengajarkan konsep pembelajaran metode Al- Ankabut.
Kata Kunci: Efektifitas, Metode Al-Ankabut, Membaca Kitab Kuning

Dosen Pembimbing: Madrah, Muna Yastuti and Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 Dec 2025 07:50
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42756

Actions (login required)

View Item View Item