JALALUDDIN, JALALUDDIN (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI MPLB 4 SMK NEGERI 1 KOTA MEDAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400705_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400705_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada peningkatan hasil belajar siswa menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual; (2) bagaiamana aktivitas mengajar guru selama menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual; (3) bagaimana aktivitas belajar siswa menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa kelas XI MPLB 4 SMK Negeri 1 Medan.pada materi membiasakan akhlak terpuji. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB 4 SMK Negeri 1 Medan.Tahun Ajaran 2024-2025 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terjadinya peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Hal ini terlihat dari ketuntasan hasil tes belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual, mencapai 43,33% dan setelah menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual 93,33% dengan persentase 50% mengalami peningkatan; (2) terjadinya peningkatan terhadap aktivitas guru dalam melaksanakan prosedur pembelajaran di kelas. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kemampuan guru dalam yang mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dalam kategori baik, dan pada siklus II dalam kategori sangat baik; (3) Terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kontekstual. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 75 pada siklus I, dalam kategori baik, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90 dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
| Dosen Pembimbing: | Mujib, Ahmad and Susiyanto, Susiyanto | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 07:49 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
