JALALUDDIN, JALALUDDIN (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI MPLB 4 SMK NEGERI 1 KOTA MEDAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400705_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400705_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400705_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400705_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada peningkatan hasil belajar siswa menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual; (2) bagaiamana aktivitas mengajar guru selama menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual; (3) bagaimana aktivitas belajar siswa menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa kelas XI MPLB 4 SMK Negeri 1 Medan.pada materi membiasakan akhlak terpuji. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB 4 SMK Negeri 1 Medan.Tahun Ajaran 2024-2025 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terjadinya peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Hal ini terlihat dari ketuntasan hasil tes belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual, mencapai 43,33% dan setelah menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual 93,33% dengan persentase 50% mengalami peningkatan; (2) terjadinya peningkatan terhadap aktivitas guru dalam melaksanakan prosedur pembelajaran di kelas. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kemampuan guru dalam yang mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dalam kategori baik, dan pada siklus II dalam kategori sangat baik; (3) Terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kontekstual. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 75 pada siklus I, dalam kategori baik, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90 dalam kategori sangat baik.

Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Dosen Pembimbing: Mujib, Ahmad and Susiyanto, Susiyanto | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 Dec 2025 07:49
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42755

Actions (login required)

View Item View Item