YUSUF, YUSUF (2025) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ASSUE KABUPATEN MAPPI PAPUA SELATAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400647_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400647_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400647_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400647_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya belajar dan rasa percaya diri terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Assue, Kabupaten Mappi, Papua Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis data menggunakan SPSS 25. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik gaya belajar maupun rasa percaya diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan uji T, nilai signifikansi untuk gaya belajar (X1) adalah 0,000 dan untuk rasa percaya diri (X2) adalah 0,006, keduanya lebih kecil dari 0,05, yang mengindikasikan bahwa kedua variabel tersebut berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Hasil uji T juga menunjukkan bahwa nilai t hitung untuk gaya belajar adalah 4,600 dan untuk rasa percaya diri adalah 32,950, yang keduanya lebih besar dari nilai t tabel (2,03452), menguatkan kesimpulan bahwa pengaruh keduanya bersifat parsial positif.
Selain itu, uji F menunjukkan bahwa secara simultan, gaya belajar dan rasa percaya diri memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 dan nilai F hitung sebesar 24,602 yang lebih besar dari F tabel 3,32. Kesimpulannya, baik gaya belajar maupun rasa percaya diri secara bersamaan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Assue.
Kata kunci: gaya belajar, rasa percaya diri, motivasi belajar, Pendidikan Agama Islam, kuantitatif, SPSS 25.

Dosen Pembimbing: Choeroni, Choeroni and Muchtar, Asmaji | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 Dec 2025 06:36
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42749

Actions (login required)

View Item View Item