SUPRIATI, YATI (2025) PENGARUH IMPLEMENTASI METODE UMMI TERHADAP TAHSIN PADA HAFALAN SANTRI MDTA RUMAH QUR’AN TEMI KEDOKAN BUNDER INDRAMAYU. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400640_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400640_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400640_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400640_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh implementasi metode Ummi terhadap tahsin pada hafalan santri di MDTA Rumah Qur’an Temi Kedokanbunder dan (2) mengetahui implementasi Metode Ummi pada pembelajaran tahsin di MDTA Rumah Qur’an Temi Kedokanbunder.
Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixed methods) yang menggabungkan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam sebuah penelitian ilmiah. Model penelitian kombinasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model sequential explanatory. Populasi penelitian ini merupakan santri MDTA Rumah Qur’an Temi Kedokanbunder. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok SD kelas II pada MDTA Rumah Qur’an Temi Kedokanbunder, berjumlah 26 santri yang terdiri dari dua kelas. Kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar pretest-posttest tahsin santri pada QS Al Balad dan Asy Syams. Analisis data dilakukan dengan paired sample t test serta analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh implementasi metode Ummi terhadap tahsin pada hafalan santri di MDTA Rumah Qur’an Temi Kedokanbunder, dan (2) implementasi metode Ummi pada pembelajaran tahsin di MDTA Rumah Quran Temi Kedokanbunder dilakukan sesuai standar Ummi meliputi tujuh aspek, yakni pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, ketrampilan, evaluasi, dan penutup. Implementasi metode Ummi diterima secara baik oleh guru, orang tua santri, dan santri di MDTA Rumah Qur’an Temi Kedokanbunder.

Kata kunci: Metode Ummi, Tahsin, MDTA

Dosen Pembimbing: Irfan, Agus and Warsiyah, Warsiyah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:14
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42738

Actions (login required)

View Item View Item