SYEFIYANTI, SYEFIYANTI (2025) PENERAPAN METODE LIVE MUROJAAH PAGI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDIT NURUL IMAN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400607_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400607_fullpdf.pdf

| Download (949kB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400607_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400607_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (414kB)

Abstract

Peran strategi dalam proses pembelajaran Al-Qur’an sangat diperlukan, hal ini dikarenakan konsep-konsep tentang strategi pembelajaran tidak mudah untuk diterapkan. Oleh karena itu menyampaikan, mengajarkan atau mengembangkannya harus menggunakan strategi yang baik dan mengena pada sasaran. Dan penetapan strategi merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran.

Latar belakang permasalahan adalah pembelajaran tahfidz Al-Qur`an yang telah diselenggarakan oleh beberapa sekolah dasar mengalami kendala, terutama untuk dapat menjadikan para siswa hafal dengan lancar dan benar, apalagi yang berada di sekolah negeri yang sangat sedikit alokasi waktu jam PAI, melihat hal itu maka akan dipaparkan beberapa metode hafalan Al-Qur’an yang dapat menunjang kelancaran pembelajaran hafalan para siswa.

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan metode live muroja’ah pagi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Nurul Iman Semarang. 2) Untuk mengetahui Proses penerapan metode live murojaah pagi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Nurul Iman Semarang. 3) Untuk mengetahui Keberhasilan penerapan metode live muroja’ah pagi dalam pembelajaran Al Qur’an di SDIT Nurul Iman Semarang. 4 ) Hambatan penerapan metode live muraja’ah pagi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Nurul Iman Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik credibility, transferability, confirmability, dependenbility dan teknik confirmability.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Perencanaan metode live muraja’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Nurul Iman Semarang dimulai dengan seleksi dan pelatihan guru yang dilaksanakan selama 2 semester, menentukan waktu pembelajaran, menyusun target hafalan, menyusun RPP sesuai dengan target hafalan. 2) Proses penerapan metode live murojaah pagi dalam pembelajaran Al-Qur’an diawali dengan siswa mendengarkan bacaan guru beberapa kali, kemudian mengikuti bacaan. Setelah hafal dilanjutkan ke ayat berikutnya. Begitulah seterusnya proses yang dilakukan sampai kepada target hafalan atau ayat yang hendak dihafal. Sedangkan proses penerapan untuk metode muraja’ah dimulai pagi hari, setelah selesai shalat zuhur berjama’ah dan sebelum siswa pulang dengan dibimbing oeh wali kelasnya. 3) Keberhasilan penerapan metode takrir dan muraja’ah dalam dapat dilihat dari hasil dari evaluasi yang dilakukan setiap hari setelah selesai hafalan, penilaian akhir semester. Hasil secara menyeluruh menunjukkan hasil yang baik. 4 ) Hambatan penerapan metode live muraja’ah pagi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Nurul Iman Semarang adalah karena masih terdapat siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan lancar, banyaknya ayat-ayat yang sama, kurang muraja’ah dan juga kurang manajemen waktu.
Kata Kunci; Penerapan, Live pagi, Murojaah, Pembelajaran Al-Qur’an.

Dosen Pembimbing: Irfan, Agus and Warsiyah, Warsiyah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 Oct 2025 06:48
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42730

Actions (login required)

View Item View Item