SUTRISNO, SUTRISNO (2025) PENGARUH PRESTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SIKAP MODERASI AGAMA PADA SISWA SMP NEGERI 1 WONOTUNGGAL KAB. BATANG TAHUN 2024/2025. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400598_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400598_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400598_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400598_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (137kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah suatu usaha yang sistematis dan pragmatis dalam membimbing anak didik yang beragama Islam, sehingga bisa menumbuhkan pemahaman agama dan semangat, mengamalkan dan memdakwahkan agama. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Prestasi Pendidikan Agama Islam Terhadap Pemahaman Moderasi Beragama Pada Siswa di SMP Negeri 1 Wonotunggal Kab. Batang?” Hipotesis yang peneliti ajukan adalah Ha: Ada pengaruh prestasi Pendidikan Agama Islam terhadap pemahaman moderasi beragama di SMP Negeri 1 Wonotunggal Kab. Batang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung, teknik analisis data dalam penelitian ini Penulis menggunakan regresi dan uji F.reg untuk mengukur sebarapa besar pengaruh terhadap moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh antara prestasi pendidikan agama Islam terhadap pemahaman moderasi beragama, dan ingin membuktikan secara empiris apakah ada pengaruh sikap terhadap moderasi beragama. Penelitian menggunakan pendekatan "Kuantitatif ", dengan sampel secara proporsional random sampling data dikumpulkan dengan kuisioner untuk mendapatkan nilai variable X dan Y, kemudian pemakaian uji validitas dan uji reliabilitas terhadap materi kuisoner serta analisis varians. Data dianalisis secara inferensial induktif, regresi dan uji-F.reg, Hasilnya menunjukkan bahwa prestasi pendidikan agama Islam dapat mempengaruhi di dalam memahami bermoderasi beragama secara signifikan, rata-rata mempuyai nilai meningkat dalam persamaan garis regresi linier,

Keyword: Pengaruh, Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beraga

Dosen Pembimbing: Choeroni, Choeroni and Muchtar, Asmaji | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 Oct 2025 06:42
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42727

Actions (login required)

View Item View Item