Maroeti, Retno (2025) SINERGI GURU, ORANG TUA, DAN PAKAR DALAM PENDIDIKAN KARAKTER NABAWIYAH DI SEKOLAH DAARUL ATSAR DEPOK JAWA BARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400506_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400506_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan sinergi antara guru, orang tua, dan pakar dalam pendidikan karakter Nabawiyah di Sekolah Daarul Atsar Depok Jawa Barat. Latar belakang penelitian didasari oleh pentingnya pendidikan karakter di era modern dan kebutuhan akan kolaborasi multipihak untuk membentuk kepribadian siswa yang selaras dengan teladan Nabi Muhammad ﷺ. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, kepala bagian kurikulum, guru, perwakilan orang tua, dan pakar, serta dokumentasi terkait program pendidikan karakter di sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara ketiga elemen tersebut terwujud melalui berbagai bentuk. Guru berperan aktif dalam mengintegrasikan nilai-nilai Nabawiyah dalam proses pembelajaran dan pembiasaan sehari-hari, didukung oleh kurikulum yang relevan. Orang tua menunjukkan partisipasi aktif melalui komunikasi intensif dengan sekolah, mendukung program-program pendidikan karakter, serta membiasakan nilai-nilai Nabawiyah di lingkungan rumah. Sementara itu, para pakar turut memberikan kontribusi berupa dukungan moral, partisipasi dalam kegiatan keagamaan sekolah, serta menciptakan lingkungan sosial yang kondusif bagi pengembangan karakter siswa. Sinergi ini secara signifikan berkontribusi pada pencapaian tujuan pendidikan karakter Nabawiyah, tercermin dari perubahan perilaku dan akhlak siswa. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam menjaga konsistensi dan intensitas sinergi. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi sekolah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memperkuat kolaborasi dalam upaya membentuk karakter generasi muda yang berlandaskan nilai-nilai Islam.
Kata Kunci: Sinergi, Pendidikan Karakter Nabawiyah, Guru, Orang Tua, Pakar
Dosen Pembimbing: | Madrah, Muna Yastuti and Sudarto, Sudarto | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:06 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |