LAILATURROHMAH, PRISTIWANTI (2025) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DENGAN MAKNA BAHASA INGGRIS PADA KITAB MU’JAM I’ROBIL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BILINGUAL SANTRI DI PESANTREN KONTEMPORER AL-HILMU PRIGEN PASURUAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400493_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400493_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400493_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400493_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (358kB)

Abstract

Upaya dalam meningkatkan motivasi belajar bilingual santri di pesantren dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain penggunaan metode pembelajaran yang variatif. Pesantren Al-Hilmu dalam meningkatkan motivasi belajar bilingual santrinya diantaranya dengan menggunakan metode sorogan dengan makna bahasa Inggris pada kitab mu’jamil i’robil qur’an.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi metode sorogan dengan makna bahasa Inggris pada pembelajaran kitab mu’jam i’robil qur’an dalam meningkatkan hasil belajar bilingual santri di pesantren Kontemporer Al-Hilmu Prigen Pasuruan, (2) mendiskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Guru dan santri kelas VI pesantren kontemporer Al-Hilmu Prigen Pasuruan dalam penelitian ini sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data diambil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mencatat (1) implementasi metode sorogan dengan makna bahasa Inggris pada pembelajaran kitab mu’jam i’robil qur’an dalam meningkatkan motivasi belajar bilingual santri di pesantren kontemporer Al-Hilmu Prigen Pasuruan melalui tiga tahapan yaitu Pertama: tahap persiapan yaitu guru menjelaskan tujuan pembelajaran serta mempersiapkan materi dan juga alat tulis sehingga dapat menumbuhkan hasrat atau keinginan santri untuk berhasil dalam pembelajaran bilingual. Kedua: tahap Pelaksanaan terdapat empat tahapan (a) guru membaca kitab mu’jam i’robil qur’an dengan metode bandongan menggunakan makna bahasa Inggris sehingga dapat meningkatkan minat yang kuat untuk keberhasilan dalam menambah vocabulary (kosakata) dan penggunaan grammar yang tepat. (b) santri melakukan sorogan antar teman sebaya sehingga akan meningkatkan hasrat dan keinginan santri untuk berhasil dalam pembelajaran bilingual. (c) guru memberikan intruksi kepada santri untuk menterjemahkan materi kitab mu’jam i’robil qur’an yang dibaca ke dalam bahasa Inggris sehingga menumbuhkan minat santri dalam belajar menulis bahasa Inggris. (d) santri sorogan di depan kelas dengan membaca kitab mu’jam i’robil qur’an memakai makna bahasa Inggris untuk melatih skill sehingga ia akan mudah untuk untuk meraih cita-cita yang diharapkan dalam belajar bahasa Inggris. Ketiga Tahap evaluasi yaitu guru memberikan nilai ketika sorogan (2) Faktor Pendukung meliputi: kemampuan dan penguasaan setiap santri dalam bilingual, nahwu sharaf dengan metode amtsilati, sarana dan prasarana yang memadai dan dukungan dari orang tua. Faktor penghambat meliputi: minimnya waktu pembelajaran, kurangnya kesadaran belajar pada diri santri dan munculnya rasa malas pada diri santri.

Kata Kunci: Metode Sorogan, Motivasi Belajar, Bilingual

Dosen Pembimbing: Kurniawan, M Irfanudin and Irfan, Agus | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:12
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42688

Actions (login required)

View Item View Item