HELMI, PETRI (2025) UPAYA GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFAL AL QURAN SISWA DI SDIT TAHFIZ MHD. SYARIF PADANG PANJANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400492_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400492_fullpdf.pdf

| Download (750kB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400492_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400492_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (444kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah Masih ada sekolah yang mempunyai program tahfidz tetapi belum mampu mencetak siswa dalam menghafal Al-Qur‟an dengan baik. Meskipun sekolah dasar akan tetapi SDIT TAHFIZ Msyarif mampu mencetak siswa dalam menghafal Al- Qur‟an sesuai dengan makharujul huruf dan tajwidnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an siswa kelas V di SDIT TAHFIZ MHD. Syarif Padang Panajng
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru Tahfidz kelas V. sedangkan informannya adalah kepala sekolah, guru lain selain guru Tahfidz, ketua koordinator Tahfidz, dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan metode. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an siswa kelas V dilakukan dengan: 1) Menciptakan suasana yang menyenangkan ketika KBM di kelas, 2) Menyediakan waktunya bagi siswa yang ingin menyetorkan hafalannya, 3) Murojaah surat juz 30 yang menjadi target hafalan siswa, 4) Memberi motivasi kepada siswa, 5) Memberi hadiah kepada siswa, 6) Memberi tambahan jam pelajaran untuk Tahfizul Qur‟an, 7) Membuat grup WA untuk orang tua siswa, 8) Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an siswa kelas V adalah 1) Faktor Internal. Faktor pendukung adanya kondusifitas siswa di dalam kelas. Sedangkan hambatan dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an siswa kelas V kurangnya rasa percaya diri dari dalam diri siswa. 2) Faktor Eksternal. Faktor pendukung adanya kerjasama dengan orang tua siswa. Sedangkan hambatannya yaitu dukungan orang tua yang kurang kepada anaknya mereka hanya pasrah kepada sekolah.

Dosen Pembimbing: Muchtar, Asmaji and Makhshun, Toha | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:11
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42685

Actions (login required)

View Item View Item