ROUP, OONG (2025) MANAJEMEN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH DI FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH SUKAHAJI KABUPATEN MAJALENGKA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400487_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400487_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Adanya temuan tentang keberadaan MDTA di beberapa Desa di Sukahaji yang berjalan tanpa adanya kurikulum yang pasti dalam pelaksanaannya menjadi latar belakang penulisan penelitian ini. Di tengah ketakteraturan kurikulum yang ada lembaga non-formal MDTA tersebut, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah mencoba memberi solusi dengan menciptakan Kurikulum yang bisa diterapkan pada MDTA di masing-masing Desa. Masalah ini cukup menarik diteliti karena kurikulum yang dibuat FKDT tersebut memberikan solusi bagi pengelola MDTA untuk mengelola lembaga MDTA dengan baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Setting penelitian dilakukan pada Lembaga Koordinasi Gerakan (FKDT) dan beberapa MDTA di Sukahaji yang telah menggunakan kurikulum FKDT pada bulan Juni hingga Juli tahun 2025. Subjek penelitian adalah Ketua FKDT sedangkan informannya adalah Kepala MDTA dan Pengajar di MDTA. Instrumen penelitian adalah peneliti. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisa data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan dengan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum yang telah disosialisasikan oleh FKDT tersebut bisa dijadikan acuan dalam pelaksanaan MDTA di wilayah Sukahaji. Melalui buku panduan kurikulum dan buku-buku pegangan bagi para santri membuat pelaksanaan pembelajaran di MDTA lebih mudah dikelola. hal tersebut bisa terlihat dari hasil wawancara dengan beberapa kepala MDTA yang telah menerima dan mengikuti sosialisasi kurikulum FKDT tersebut yang menyatakan bahwa kurikulum tersebut lebih mudah diterapkan dengan perangkat panduan yang cukup rinci. Hambatan yang ada dalam pelaksanaan kurikulum tersebut, masih ada MDTA yang mengalami kekurangan sumber daya, sehingga dalam pelaksanaan kurikulum tersebut belum bisa maksimal. Berikutnya yang juga menjadi hambatan adalah Kurang kuatnya tindak lanjut dari sosialisasi kurikulum, sehingga permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan belum bisa ter-cover dengan baik.
Kata Kunci : Manajemen, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA)
| Dosen Pembimbing: | Muchtar, Asmaji and Makhshun, Toha | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:10 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
