Putra, Oldy Hayyu Suyanto (2025) PERAN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-HAYYU DI KOTA DEPOK, PROVINSI JAWA BARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400485_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400485_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari tantangan nyata dalam pendidikan karakter religius di tengah globalisasi, di mana nilai-nilai keagamaan dapat terancam. Fokus utama penelitian ini adalah pada SD Islam Terpadu Al-Hayyu, dengan permasalahan sentral: sejauh mana kegiatan keagamaan yang dilaksanakan berkontribusi secara efektif dalam memperkuat (?) karakter religius siswa, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi berbagai kegiatan keagamaan yang dilakukan di SDIT Al-Hayyu; (2) Menganalisis peran penting dari kegiatan tersebut dalam membentuk dan memperkuat dimensi karakter religius siswa (seperti akhlak mulia, disiplin ibadah, kejujuran, tanggung jawab, dan kecintaan terhadap Al-Qur'an); serta (3) Mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas penguatan karakter tersebut. Silakan dipertimbangan saran di atas
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus intrinsik untuk menginvestigasi fenomena secara mendalam di SDIT Al-Hayyu. Lokasi penelitian terletak di lingkungan belajar SDIT Al-Hayyu. Sumber data utama terdiri dari kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, guru kelas, siswa (kelas atas), serta orang tua siswa, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif terhadap kegiatan keagamaan (seperti shalat Dhuha berjamaah, tahfidz, pesantren kilat, dan pembiasaan doa), wawancara semi-terstruktur yang mendalam, dan studi dokumentasi (kurikulum, jadwal kegiatan, catatan perilaku siswa). Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, dengan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan metode serta member checking.
Hasil penelitian (silakan sesuaikan dengan saran rumusan masalah) menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan di SDIT Al-Hayyu (terutama shalat berjamaah, program tahfidz harian, kajian akhlak mingguan, pesantren ramadan, dan praktik ibadah harian) memiliki peran yang sangat signifikan dan efektif dalam memperkuat karakter religius siswa. Peran tersebut terlihat dari peningkatan kedisiplinan ibadah, hafalan Al-Qur'an, internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah (seperti kejujuran, penghormatan kepada guru/orang tua, dan kepedulian sosial), serta pembiasaan hidup bersyukur dan bertanggung jawab. Faktor-faktor pendukung yang krusial adalah konsistensi dalam pelaksanaan kegiatan, keteladanan dari guru/staf, sinergi dengan orang tua, dan lingkungan sekolah yang mendukung. Tantangan utama yang dihadapi meliputi perbedaan latar belakang pemahaman agama siswa di rumah dan keterbatasan waktu dalam kurikulum yang padat. Secara keseluruhan, kegiatan keagamaan terbukti sebagai pilar utama dalam membentuk profil lulusan SDIT Al-Hayyu yang religius dan berakhlak mulia.
Kata Kunci :
Kegiatan Keagamaan, Karakter Religius, Siswa Sekolah Dasar, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), SDIT Al-Hayyu, Akhlak, Pendidikan Agama Islam, Pembiasaan Ibadah, Tahfidz, Muroja’ah, Shalat, Al-Qur’an, Dzikir.
| Dosen Pembimbing: | Madrah, Muna Yastuti and Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:09 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
