CHRISNAWATI, NILA (2025) IMPILKASI NILAI PANCA JIWA KEIKHLASAN TERHADAP KINERJA GURU DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400462_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400462_fullpdf.pdf

| Download (912kB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400462_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400462_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (513kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali implikasi nilai Panca Jiwa Keikhlasan terhadap kinerja guru di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Latar belakang penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan peningkatan kualitas kinerja guru yang tidak hanya bergantung pada aspek teknis tetapi juga pada integrasi nilai-nilai spiritual yang menjadi dasar dalam sistem pendidikan di pesantren. Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta menerapkan Panca Jiwa sebagai nilai dasar dalam mendidik santri, yang meliputi keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, dan kebebasan. Nilai keikhlasan dalam bekerja diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme guru dan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar santri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Peneliti mewawancarai sepuluh guru dan pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah serta mengumpulkan data melalui dokumentasi dan survey terkait penerapan nilai keikhlasan dalam aktivitas sehari-hari para guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai keikhlasan dalam pekerjaan guru berdampak signifikan terhadap kinerja mereka. Guru yang menerapkan keikhlasan dalam setiap tugas mengajarnya mampu meningkatkan dedikasi, kepuasan kerja, dan kualitas pembelajaran yang diterima oleh santri.
Pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keikhlasan tidak hanya mempengaruhi kinerja guru secara individu, tetapi juga menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih harmonis di Pondok Pesantren Darunnajah. Keikhlasan sebagai landasan kerja mengurangi konflik internal, memperkuat hubungan guru dengan santri, serta meningkatkan kepuasan dan efektivitas dalam mengajar. Penelitian ini menyarankan agar pimpinan pesantren terus mengintegrasikan nilai keikhlasan dalam setiap aspek pembinaan guru dan memberikan pelatihan rutin guna memperkuat pemahaman dan penerapan nilai tersebut. Sebagai saran untuk penelitian selanjutnya, diharapkan penggunaan metode campuran dapat memperdalam kajian ini dengan data kualitatif dan kuantitatif yang lebih luas.
Kata Kunci : Kinerja Guru, Keikhlasan, Panca Jiwa, Pondok Pesantren

Dosen Pembimbing: Manaf, Sofwan and Warsiyah, Warsiyah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 02 Dec 2025 06:59
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42662

Actions (login required)

View Item View Item