DHUHA, MUHAMAD SYAMSU (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK DI SEKOLAH MTs. NURUL JANNAH NW AMPENAN KOTA MATARAM. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400433_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400433_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan keterlibatan orang tua terhadap kedisiplinan siswa di MTs. Nurul Jannah NW Ampenan, Kota Mataram. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya kedisiplinan sebagai bagian dari pembentukan karakter peserta didik, yang dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi belajar, serta faktor eksternal seperti peran dan keterlibatan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian dipilih melalui teknik simple random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 40 siswa dari populasi yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner tertutup, yang disusun berdasarkan indikator dari masing-masing variabel. Untuk menganalisis data, digunakan metode analisis regresi linear berganda yang mencakup uji t untuk melihat pengaruh masing-masing variabel secara parsial dan uji F untuk melihat pengaruh kedua variabel secara simultan terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa, ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,037 yang lebih kecil dari 0,05. Demikian pula, variabel keterlibatan orang tua juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa baik motivasi yang berasal dari dalam diri siswa maupun dukungan eksternal dari orang tua memiliki peran penting dalam membentuk sikap disiplin siswa. Selanjutnya, hasil uji F simultan memperkuat temuan tersebut, di mana nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa motivasi belajar dan keterlibatan orang tua secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan keterlibatan orang tua merupakan dua faktor penting yang secara sinergis berkontribusi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pertimbangan bagi pihak sekolah dan orang tua dalam menyusun strategi pendidikan karakter, khususnya dalam aspek kedisiplinan.
Kata Kunci ; Motivasi Belajar, Keterlibatan Orang Tua, Kedisiplinan Siswa
| Dosen Pembimbing: | Choeroni, Choeroni and Muchtar, Asmaji | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:11 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
