Ishak, Muhammad Mauludy (2025) PENGARUH KOMPETENSI GURU PAI DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK SD NEGERI SUDIMARA 2 CILEDUG TANGERANG KOTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400407_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400407_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menguji pengaruh kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan metode pembelajaran terhadap peningkatan akhlakul karimah peserta didik di SD Negeri Sudimara 2 Ciledug, Tangerang. Latar belakang penelitian ini adalah tantangan dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik di tengah perkembangan zaman yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya keteladanan dan penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Pendidikan agama, khususnya yang diajarkan oleh guru PAI, memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik, namun seringkali dihadapkan pada masalah dalam penerapan yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru PAI dan metode pembelajaran terhadap peningkatan akhlakul karimah peserta didik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan analisis regresi ganda untuk menganalisis hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket yang dibagikan kepada 30 peserta didik kelas 6 di SD Negeri Sudimara 2 Ciledug, Tangerang, yang mengikuti mata pelajaran PAI. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru PAI memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan akhlakul karimah peserta didik dengan koefisien determinasi sebesar 14,6%. Artinya, peningkatan kompetensi guru dapat menjelaskan 14,6% variasi peningkatan akhlakul karimah siswa. Sementara itu, metode pembelajaran berkontribusi sebesar 17,3% terhadap peningkatan akhlakul karimah, yang menunjukkan bahwa metode yang digunakan, seperti diskusi, role play, dan pembelajaran berbasis proyek, berpengaruh signifikan dalam meningkatkan karakter siswa. Secara simultan, kompetensi guru PAI dan metode pembelajaran memberikan kontribusi total sebesar 60,5% terhadap peningkatan akhlakul karimah peserta didik. Temuan ini mengindikasikan bahwa kombinasi antara kompetensi guru yang tinggi dan metode pembelajaran yang inovatif sangat penting dalam menciptakan pembentukan karakter yang baik pada siswa.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Metode Pembelajaran, Akhlakul Karimah.
| Dosen Pembimbing: | Manaf, Sofwan and Warsiyah, Warsiyah | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:10 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
