ANFAR, MUHAMMAD (2025) STRATEGIiKEPALAiSEKOLAHiDALAMiMENINGKATKANii DISIPLINiKERJAiGURUiSMPiNEGERIiIiLAWAi KABUPATENiMUNAiBARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400389_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400389_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Lawa, Kabupaten Muna Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam dan sistematis objek penelitian berdasarkan realitas di lapangan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tiga teknik utama, yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua komite sekolah, dan beberapa guru di SMP Negeri 1 Lawa.
Hasil penelitian, menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dilaksanakan melalui tiga tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, kepala sekolah menyusun kebijakan dan program strategis yang bertujuan untuk membentuk perilaku kerja guru agar selaras dengan peraturan dan tata tertib sekolah. Langkah ini menunjukkan komitmen kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan sebagai komponen penting profesionalisme guru. Tahap pelaksanaan merupakan implementasi dari strategi yang telah dirancang Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah menanamkan kedisiplinan melalui keteladanan, pembinaan secara rutin, pemberian motivasi, penerapan sistem penghargaan dan sanksi (reward and punishment), serta pengawasan yang konsisten.
Seluruh komponen tersebut saling terintegrasi untuk membangun iklim kerja yang tertib dan bertanggung jawab di kalangan guru. Selanjutnya, tahap evaluasi dilakukan sebagai upaya untuk menilai keberhasilan dari strategi yang telah diterapkan. Proses evaluasi meliputi pengamatan terhadap perubahan sikap guru, tingkat kepatuhan terhadap peraturan, dan efektivitas pendekatan kepala sekolah. Melalui evaluasi ini, kepala sekolah dapat merumuskan tindakan lanjutan untuk menyempurnakan atau menyesuaikan strategi yang diterapkan.
Kata Kunci: Strategi Peningkatan Disiplin, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi.
| Dosen Pembimbing: | Mujib, Ahmad and Susiyanto, Susiyanto | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:08 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
