SOBRI, MUHAMAD (2025) PERAN KEPALA SEKOLAH TRANSFORMASIONAL MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMPIT AL-HASSAN KOTA BEKASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400385_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400385_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Pendidikan akidah akhlak memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan motivasi kerja guru di SMPIT Al-Hassan. Pembelajaran akidah akhlak di sekolah ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual kepada siswa serta memperkuat motivasi kerja guru, khususnya dalam penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan transformasional. Mengingat tantangan zaman yang semakin kompleks, pembelajaran ini harus diterapkan dengan pendekatan yang tidak hanya teoritis, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif guru dalam praktik kehidupan sosial yang sesuai dengan ajaran agama Islam dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas implementasi kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan
motivasi kerja guru di SMPIT Al-Hassan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah dan guru-guru SMPIT Al- Hassan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana kepemimpinan transformasional diterapkan dan dampaknya terhadap motivasi kerja guru. Data yang diperoleh dari wawancara dianalisis untuk mengidentifikasi cara-cara penerapan motivasi yang efektif, serta faktor-faktor yang mendukung keberhasilan penerapan tersebut di sekolah. Penelitian ini juga mengkaji dukungan yang diberikan oleh orang tua dan masyarakat dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dan penerapan kepemimpinan transformasional di SMPIT Al-Hassan berjalan dengan baik melalui pendekatan yang fleksibel, di mana kepala sekolah aktif mengkomunikasikan visi dan memberi contoh teladan kepada guru. Hasil wawancara mengungkapkan bahwa guru menunjukkan peningkatan dalam motivasi kerja mereka, khususnya dalam hal kejujuran, empati, dan sikap profesional dalam mengajar. Pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi kerja guru, serta berdampak positif pada pengembangan karakter siswa. Meskipun ada beberapa kendala, seperti ketidakhadiran guru dalam pelatihan, pembelajaran ini memberikan dampak yang signifikan dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih baik dan
berlandaskan ajaran Islam.
| Dosen Pembimbing: | Manaf, Sofwan and Warsiyah, Warsiyah | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:07 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
