MARDIANSYAH, MARDIANSYAH (2025) STRATEGI ADAPTASI BUDAYA ISLAM DI SMKN 1 MENTAYA HULU DI ERA DIGITAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400330_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400330_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400330_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400330_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (353kB)

Abstract

SMK Negeri 1 Mentaya Hulu sebagai institusi pendidikan memiliki tanggung jawab dalam membentuk karakter siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki nilai-nilai moral dan spiritual yang kuat. Dalam era digital, teknologi menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan siswa dan pendidik, termasuk dalam proses pembelajaran dan kegiatan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi adaptasi budaya Islam yang diterapkan di SMK Negeri 1 Mentaya Hulu dalam menghadapi era digital, mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari penggunaan teknologi digital terhadap perkembangan budaya Islam, serta menggali peran sekolah dalam mengelola penggunaan teknologi agar tetap mendukung pelestarian budaya Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMKN 1 Mentaya Hulu yang terletak di Desa Tangar, Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data melibatkan triangulasi, member checking, ketekunan pengamatan, audit trail, dan refleksivitas peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran agama Islam telah meningkatkan efektivitas penyampaian nilai-nilai keislaman. Pola pemahaman dan praktik budaya Islam siswa mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh akses terhadap konten keislaman digital. Namun, terdapat tantangan berupa paparan terhadap konten negatif yang bertentangan dengan nilai Islam. Sekolah merespons dengan kebijakan terbatas penggunaan HP, pemanfaatan media digital dalam kegiatan keagamaan, dan pembiasaan ibadah berbasis teknologi. Strategi ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang adaptif dapat mengarahkan teknologi untuk memperkuat budaya Islam.

Kata kunci: budaya Islam, era digital, strategi adaptasi, pendidikan keislaman, dan teknologi Pendidikan.

Dosen Pembimbing: Irfan, Agus and Warsiyah, Warsiyah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Oct 2025 06:12
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42598

Actions (login required)

View Item View Item