HAKIM, LUKMAN NUL (2025) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMIKIRAN KH. BISRI SYANSURI: Implikasi bagi Pendidikan Islam Kontemporer. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400312_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400312_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji konsep pendidikan karakter dalam pemikiran KH. Bisri Syansuri, dan 2) mengidentifikasi prinsip-prinsip pendidikan karakter yang diajarkan oleh KH. Bisri Syansuri serta mengaitkannya dengan implementasi pendidikan karakter dalam konteks pendidikan Islam kontemporer. Tujuan ini tidak hanya untuk mendalami konsep dasar yang terkandung dalam pemikiran beliau, tetapi juga untuk memahami relevansi serta aplikasinya dalam menghadapi dinamika pendidikan Islam di era modern. Dalam konteks ini, pemikiran KH. Bisri Syansuri diharapkan dapat memberikan panduan yang jelas bagi pendidik, orang tua, dan pengambil kebijakan dalam merancang sistem pendidikan yang lebih mendalam dan holistik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis literatur yang mendalam terhadap karya-karya dan pemikiran KH. Bisri Syansuri, baik yang berbentuk tulisan maupun ajaran lisan yang telah diwariskan kepada generasi penerus. Metode ini dipilih untuk memperoleh gambaran yang lebih utuh dan menyeluruh mengenai prinsip-prinsip pendidikan karakter dalam pandangan KH. Bisri Syansuri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KH. Bisri Syansuri menekankan pentingnya pendidikan yang berbasis pada akhlak, moralitas, dan spiritualitas, yang menjadi fondasi utama dalam pembentukan karakter siswa. Dalam pandangannya, pendidikan tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan aspek intelektual semata, tetapi juga untuk membentuk individu yang memiliki integritas moral, kesadaran sosial, dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Nilai-nilai seperti kesederhanaan, kedisiplinan, rasa tanggung jawab, dan rasa hormat terhadap sesama dijadikan sebagai pondasi dalam mendidik generasi muda. Nilai-nilai ini bukan hanya sebagai teori, tetapi harus diwujudkan dalam tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan pendidikan maupun masyarakat luas. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pemikiran KH. Bisri Syansuri sangat relevan dengan tantangan pendidikan Islam kontemporer, di mana penguatan karakter dan moralitas menjadi salah satu aspek yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin kompleks dan penuh tantangan; 2) pendidikan karakter yang berbasis pada nilai-nilai moral dan akhlak Islam dapat menjadi solusi dalam menghadapi krisis moral di kalangan generasi muda saat ini, yang seringkali terjebak dalam pergaulan bebas dan hilangnya rasa tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu, penerapan prinsip-prinsip pendidikan karakter KH. Bisri Syansuri dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan pendidikan Islam yang lebih humanis dan berkualitas di masa depan. Pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai luhur ini tidak hanya akan membentuk individu yang cerdas secara intelektual, tetapi juga menjadi pribadi yang memiliki keteguhan moral dan kepribadian yang dapat diandalkan di tengah masyarakat.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam, Kontemporer, Nilai Moral.
Dosen Pembimbing: | Muchtar, Asmaji and Makhshun, Toha | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 06:17 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |