KURNIAWATI, LINDHA (2025) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK DI MI PONDOK PESANTREN TIDAR KOTA MAGELANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400306_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400306_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400306_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400306_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (637kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Akidah Akhlak dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik di MI Pondok Pesantren Tidar, Kota Magelang. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya peran guru dalam merancang strategi pembelajaran yang tidak hanya menekankan pada aspek pengetahuan, tetapi juga pada pembentukan sikap dan perilaku akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan guru Akidah Akhlak telah mencakup ketiga ranah pembelajaran, meskipun dalam implementasinya belum sepenuhnya optimal. Guru telah menunjukkan perencanaan yang cukup baik, namun masih perlu pengembangan dalam penggunaan metode, media pembelajaran, serta evaluasi yang mampu mengukur ketiga ranah secara seimbang. Hasil belajar siswa berada pada kategori baik, ditandai dengan pemahaman materi secara kognitif, sikap positif dalam interaksi sosial (afektif), serta penerapan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari (psikomotorik). Dukungan kepala madrasah diberikan melalui supervisi, pelatihan, dan integrasi antara pembelajaran Akidah Akhlak dengan kegiatan pesantren. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan waktu pembelajaran, belum optimalnya evaluasi holistik, serta perbedaan latar belakang siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara penerapan strategi pembelajaran oleh guru dengan pencapaian hasil belajar peserta

didik, yang diperkuat oleh lingkungan pesantren sebagai wadah pembiasaan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Akidah Akhlak, Hasil Belajar, Kognitif, Afektif, Psikomotorik, Lingkungan Pesantren

Dosen Pembimbing: Darojat, Much. Hasan and Muchtar, Asmaji | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Oct 2025 06:18
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42594

Actions (login required)

View Item View Item