ANWAR, KHOIRUL (2025) MODEL KURIKULUM MUADALAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400286_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400286_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400286_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400286_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (344kB)

Abstract

Pendidikan akhlak di pondok pesantren memegang peranan penting dalam membentuk karakter santri. Namun, tantangan yang dihadapi adalah bagaimana mengintegrasikan kurikulum yang relevan dengan perkembangan zaman tanpa mengurangi nilai-nilai tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model kurikulum Muadalah dan implementasinya dalam pendidikan akhlak santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Jogoloyo Demak. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kurikulum Muadalah dapat mengakomodasi nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari santri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Jogoloyo Demak, dengan sumber data utama yang meliputi pengasuh pesantren, pengajar, dan santri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk memahami implementasi kurikulum Muadalah dalam pendidikan akhlak santri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum Muadalah di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Jogoloyo Demak berhasil mengintegrasikan nilai-nilai akhlak Islam dengan pendekatan yang lebih fleksibel dan kontekstual. Implementasi kurikulum ini memberikan dampak positif terhadap perkembangan akhlak santri, terbukti dengan peningkatan kesadaran moral dan etika dalam kehidupan mereka. Meskipun demikian, terdapat tantangan terkait konsistensi pengajaran dan keterbatasan sumber daya.

Kata Kunci: Model Kurikulum Muadalah, Implementasi, Pendidikan Akhlak, Santri, Pondok Pesantren, Pendidikan Karakter.

Dosen Pembimbing: Madrah, Muna Yastuti and Sudarto, Sudarto | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Oct 2025 06:22
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42588

Actions (login required)

View Item View Item