Juyanti, Juyanti (2025) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN IBADAH HARIAN SHALAT DHUHA (STUDI KUALITATIF DI MI IBNU MAS’UD SRAGEN). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400280_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400280_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400280_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400280_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (366kB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang diterapkan oleh guru dalam menanamkan kebiasaan melaksanakan ibadah shalat Dhuha pada siswa di MI Ibnu Mas’ud Sragen. Shalat Dhuha merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam dan memiliki nilai spiritual serta edukatif yang tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan guru, siswa, kepala madrasah, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi, seperti keteladanan (uswah hasanah), rutinitas terstruktur, penguatan motivasi, keterlibatan siswa, refleksi spiritual, dan integrasi nilai-nilai religius dalam mata pelajaran umum. Strategi ini efektif dalam membantu proses internalisasi kebiasaan shalat Dhuha secara bertahap pada diri siswa. Faktor- faktor pendukung yang ditemukan antara lain komitmen guru, kebijakan lembaga, budaya sekolah yang religius, serta tersedianya fasilitas ibadah yang memadai. Adapun hambatan yang dihadapi meliputi kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga, lemahnya motivasi internal siswa, serta keterbatasan waktu dalam kurikulum. Solusi inovatif yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain penunjukan mentor ibadah dari kalangan siswa, keterlibatan seluruh guru dalam bimbingan keagamaan, pemanfaatan media digital untuk meningkatkan keterlibatan siswa, dan pemberian reward yang bersifat edukatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan holistik dan partisipatif yang melibatkan sinergi antara sekolah, keluarga, dan lingkungan sangat penting untuk menumbuhkan dan

mempertahankan kebiasaan ibadah siswa. Temuan ini berkontribusi terhadap pengembangan strategi pendidikan karakter berbasis Islam yang mengintegrasikan praktik spiritual dalam kehidupan sekolah sehari-hari.

Kata Kunci: Shalat Dhuha, pendidikan Islam, strategi guru, pembentukan karakter, pembiasaan ibadah, MI Ibnu Mas’ud, studi kualitatif

Dosen Pembimbing: Madrah, Muna Yastuti and Sudarto, Sudarto | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Oct 2025 06:38
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42580

Actions (login required)

View Item View Item